Perbaikan Sepaket

Badak Biru dulu sampe ngabisin beberapa bengkel buat nyari penyebab overheat. Overheat-nya kalo muacettt luamaaa. Kalo jalan lancar/normal, temperatur aman di tengah terus.

  • Tekanan radiator pas dicek pake pressure checker hasilnya normal, ndhak ngempos ~> Ndhak ada kebocoran.
  • Selang-selang aman, ndhak ada yang pecah/ngembes.
  • Visco-fan masih dinilai aman. Dll.

Belakangan diketahui ternyata ada retak sambut yang ndhak terlalu keliatan di thermostat housing-nya. Tipiiiiiisss banget kalo diliat secara kasat mata. Mirip goresan tipis pada permukaan bodi plastiknya itu. Nyaris tak terdeteksi kalo ndhak dibongkar dan dibersihkan. Sementara thermostatnya sendiri pada kondisi yang dinilai aman.

Begitu diganti, waras.

Sekian taon setelahnya balik suka panas lagi. Belakangan diketahui kalo radiator berkerak karena pas disogrokkan, keluar lumpur keraknya segenggam tangan anak kecil.

Belakangan suka panas lagi. Temperatur lebih dari separoh meski ndhak sampe njeplak nganan. Ketahuan pas saya mematikan mesin usai jalan lumayan jauh dengan jalanan nanjak terus-terusan ~> kecepatan rendah namun beban tinggi.

Ada yang mendesis di kolong mesin. Ternyata ada ujung selang radiator yang sobek dikit kecil. Desisan ini ndhak ada usai mesin dimatikan usai mobil jalan datar/beban enteng.

Moral kisah ini: kalo ada satu barang rusak, cek semua yang lainnya. Bisa jadi temen-temennya satu paket sistem lagi antri rusak aja kalo ndhak diganti sekawanan.

Tapi sekarang badak aman jaya. Temperatur ndhak njeplak kanan, dan ndhak ada suara mendesis dari kolong mesin. Soale mobile saya anggurkan gitu aja.

😀

– FHW V8

2 tanggapan untuk “Perbaikan Sepaket

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.