Untuk Pemula: Pilih BMW Tipe Apa?

Pertanyaan yang berulang-ulang-ulang kali ditanyakan oleh sesiapa yang tertarik dan berminat beli biem seken lawas, plus dengan budget terbatas, semacam ini:

“Saya blank dengan BMW dan ada budget terbatas. Tipe apa yang paling gampang perawatannya?”

Redaksinya tentu tidak tepat seperti ini. Tapi kurang lebih itulah.

Well… Jika saya bisa sedikit merangkumkan hasil dari lalu-lintas respon, komen, jawaban, dan beragam posting dari banyak rekan dari beragam sumber, khususnya angkringan-online ini, kurang lebih sebagai berikut.

I. PRINSIP DASAR

Pertama, percayalah, semua BMW punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ambil contoh E36. Yang cc kecil (318i 4 silinder) akan memang di irit dan murah serta relatif gampang perawatannya. Yang cc gedhe (323i) tentu menang di performanya namun dengan konsekuensi bensin lebih boros dan maintenis lebih mihil. Wajar.

Keduanya sama sekali tak bisa dibandingkan. Ini akan kembali ke kebutuhan masing-masing.

Kalo mau irit tapi kencang, belilah Seniyapansa. 😀 Pisss!

Saran terbaik ane: beli BMW sesuai kata hati.

II. SANTAI

Kedua, sesusah apapun, miara BMW (seken) tipe apapun, which is yg populasinya populer, bisa dijalani lancar-lancar saja koq ntar…

Jangan khawatir, yg ngebantu pasti gerudukan ntar 😀

III. PILIHAN (LCGC) LOW COST GREAT CAR

Tapi kalo masih bingung, yang paling aman bisa E30-318i, E36-318i, E36-320i, atau E34-520i. Itu yg paling gampang ditanyai kalo ada apa-apa, karena populasinya yg lumayan melimpah 😀

Dari sisi ekonomis, yg mana price vs value vs comfort dst:

  • E30 318i terkenal palign irit dalam perawatan juga konsumsi BBM-nya. Cuman, tipe ini built qualitynya masih lemah. Mostly pasti karatan danini karat pada tersembunyi! Meski tampak luar mobilnya kinclong membahana Harga sekitar 25-35jt rata-rata. Beda kondisi beda harga. Yg ajib ada lho yg dijual 70an juta!
  • E36 318i. Ada dua generasi. Yg 1st gen pake mesin M40 (mesinnya E30). Ini luamayan: harga perolehannya gak mahal-mahal amat, tampang udah ganteng khas E36, perawatan dan FC-nya juga lumayan gak nendang di kantong. Harga sekitar 40an juta, dan beda kondisi beda harganya tentunya.
  • E36 318i M43, ini harga perolehannya gila luar biasa, karena merupakan tipe yg banyak dicari. Jujur, kalo ane pribadi, duit perolehannya aja udah bisa dibelikan BMW tipe lain plus perawatannya!!! Bisa dapet harga 65jt kondisi normal waras-wiris udah ajib tuh! Ada kemarin yg dapet tipe ini harga 50jt, tapi kaki-kaki hancur semua 😛 Masih benah-benah. Kondisi yg lebih gimanaaa gitu lagi, harga juga semakin melorot. Yang jual 35jt bahkan 25jt kadang ada aja dengan kondisi dan alasan yang sangat khusus dan tertentu bin terkecualikan.
  • E34 520i. Ini yg paling pas buat nyubie.

    Yg 1st gen pake mesin M20. Harga perolehan 20-35jt, tergantung kondisi.

    Yg 2nd gen pake mesin M50. Harga perolehan 25-65jt tergantung kondisi Ini tipe yg paling disarankan untuk pengguna pemula. Stock parts-nya melimpah, yg ditanyai juga banyak 😀

    Kalo memilih E34 ini, saran saya pilihlah 520i mulai tahun 1993. Overall justru malah paling mudah ditangani ketimbang versi sebelumnya. Dan parts-nya malah banyak tersedia.

    Tapi kalo udah main seri 5, ati-ati… Nyandu! Kena seri 3 langsung gak ada enaknya. 😀 Hehehehe.

Itu semua kalo fokus ke sisi ekonomisnya. Dari saran-saran yg ada di atas, saran terbaik saya pilihlah E36 318 M43, tahunnya mulai 1995 kalo ndhak salah. Kalo fokus ke performa, jelas ambil yang cc gedhe, dalam hal ini E36 323i. Kata banyak kawan: yang (cc gedhe) kayak gitu baru kerasa beemwe-nya. 😀

Lainnya dari itu semua, emang perlu diskusi lebih spesial lagi untuk membahasnya.

Tapi well, sekali lagi kembali selalu ingat pakem beli mobil:

  • Fast and good car won’t be cheap.
  • Good and cheap car won’t be fast.
  • Cheap and fast car won’t be good.

Dengan kata lain, Anda hanya punya dua dari tiga pilihan ini: fast, good, cheap. Silakan pertimbangkan dan putuskan baik-baik mana yang harus dipilih sesuai dengan kondisi Anda.

Dan, harga-harga yang saya sebut di atas sama sekali mengikat. Ingat, BMW itu sangat amat luas rentang harga pasarannya. Jangan pernah ngikuti apa kata makelar mobil yang sama sekali ndhak ngeh BMW dan sok tau bisa mengarahkan berapa harga pasaran BMW. 😛

Dan mungkin sekian waktu lagi, item-item dalam list ini mungkin sudah kadaluwarsa dan pelu pemutakhiran. Maklum, harga BMW itu cepet banget melorotnya dan kerumitan teknologinya yang konon susah dan masih mahal diatasi semakin besok akan semakin murah dan tertaklukkan juga.

Ini murni opini pribadi saya. Mohon koreksi jika ada kesalahan.

Regards,
– Freema Bapakne Rahman
BMW V8 Teoritis

Posting terkait dengan posting ini, silakan lanjutkan ke sini https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/04/11/memilih-bmw/

Untuk chit-chat tentang BMW dan tetek-bengeknya (ih, teteknya bengek, tetek koq bengek) silakan ngangkring-online dimari https://m.facebook.com/groups/323699264381705

4 tanggapan untuk “Untuk Pemula: Pilih BMW Tipe Apa?

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.