(Bimmer The Series) Harga Pasaran BMW Bekas Pt. I

Ane ditawarin bmw 318 i thn 86 minta 24 jt. Leter B pajak mati 5 tahun. Kira-kira gimana yah? Diulas dunk tenang +/- motubmwa tersebut. Maturnuwun.

BMW 3-Series E30 Photo from internet.

Demikian sebuah pertanyaan di forum otomotif umum. Pertanyaan semacam itu yang susah banget dijawab buat BMW: “BMW tipe ini taun ini pasarannya berapa?”

Pertanyaan ini, saya pribadi mendapati terulang-ulang berkali-kali. Pokoknya beda-beda orang bisa sama persis pertanyaanya. (Dan beberapa penanya juga dari kalangan bimmerfan sendiri. Hehehe…)

Well… Gini: paling pertama, yang perlu dipahami adalah, bahwa harga pasaran BMW sangat tak pernah bisa disamakan dg mobil Jepang.

Di mopang, biasa ada pertanyaan:

  • Kijang tipe ini taun ini pasarannya berapa ya? Kemudian akan muncul range harga sekian sampe sekian yang ndhak terlalu lebar.
  • Carry bodi adiputro tipe ini taun ini pasarannya berapa ya? Kemudian akan muncul range harga sekian sampe sekian yang ndhak terlalu lebar.
  • Jazz tipe ini taun ini pasarannya berapa ya? Kemudian akan muncul range harga sekian sampe sekian yang ndhak terlalu lebar.

Kalo pada mobil Jepangan, asal kita udah tau, gampang banget njawabnya. Karena harga pasarannya terbentuk karena kondisinya rata-rata sama dan seimbang. Yang ndhak sama harganya cuman karena kondisinya ‘perkecualian’.

Mereka bisa punya range sempit harga (harga patokan) karena rata-rata kondisinya seragam-seragam aja. Letsay mayoritas gitu. Nah, di BMW super susah dapet patokan range harga yang sempit kayak gitu.

Di BMW, pada tipe dan taun yang sama, harga pasarannya bisa sampe 2-4 kali lipat perbedaannya bahkan lebih. Misal ada sebuah tipe yang terjual seharga 8jt, barang sama taon sama ada yang terjual 80jt.

Karena beda kondisi dan keadaan-perawatannya. Dan kebetulan, rata-rata kondisi BMW di pasaran pada ndhak seragam, dominan beragam kondisi-perawatannya.

Untuk tipe yang disebutkan disebut di atas, yakni dengan kode bodi E30 1st gen, tipe 318i yang itu pakai mesin M1O; range harganya bisa 8jt, 18jt, 28jt, 38jt, 48jt, 58jt, sampe 68jt.

Bahkan yang 380jt dan 480jt juga bisa.

Koq bisa?

Karena tergantung

  • Kondisi: seberapa mint & original kondisi mobil, baik interior, eksterior, dan kondisi perawatan (mesin, kaki-kaki);
  • Psikologi: warna mobil, dll. Sebaab ada yang lebih prefer ke warna tertentu.
  • Situasi: mobil yg nyri duit atau duit yg nyari mobil,
  • Emosi: tipenya langka (kupe, built-up pake sunroof, cabriolet, apalagi sampe M3). Atau banyak ditempeli parts mahal (velg/ducktail/aksesoris alpina, hartge, ACS, dll.)

Bagi yg belum meresapi per-BMW-an, mendapati fakta bahwa rentang harga BMW ini begitu lebar dan kadang ndhak masuk akal(masing-masing), seolah ini merupakan kondisi yg ‘salah’ dan susah diterima. Khususnya bagi yg memaksa(pikiran diri sendiri) dengan menganggap atau menyamakan BMW dg mobil Jepangan.

Oleh karena itu, jangan kaget kalo ada penjual yg menawarkan BMW-nya dg harga setinggi langit pun sebaliknya ada pembeli yg menawar seenak udelnya Karena masing-masing punya persepsi dan perspektif sendiri-sendiri tentang kondisi BMW yg ada di depannya. Hehehe…

Nah, jadi kalo pertanyaannya cuman “ditawarin bmw 318 i thn 86 minta 24 jt. Leter B pajak mati 5 tahun. Kira-kira gimana yah?”

Repot kita menjawabnya gan… Kalo kondisinya ori & suehattt, biar pajak mati 12 tahun seperti kata seorang temen, Ki Lurah BMCC Madiunan Anang Moedjijono, harga segitu murah bingit.

Apalagi itu tipenya M1O. Tipe yang paling diburu para bimmerfan melebihi koruptor diburu KPK. Tapi meskipun itu tipe paling diburu, kalo kondisinya menyedihkan: catnya di-lap kinclong tapi di balik fender (spakbor) karatnya seluas samudera, firewall-nya rontok dimakan karat, dek-nya amblas dihabisi karat, joknya pada sobek, dashboard retak-retak, orang juga akan mikir seribu kali buat menyunting dg harga segitu.

Kenapa?

DI BMW ada pakem, mesin boleh ancur terbelah jadi dua, masih gampang dicari. Kaki-kaki boleh mati semua tanpa terkecuali, masih bisa langsung direstorasi dan direkondisi. Parts relatif mudah dicari, apalagi untuk E30 ini.

Tapi kalo interior udah pada ancur, ini yang bikin langkah nyaris terhenti. Karena yang diandalkan ntar cuman junkyard. Nyari barunya susah (untuk mengatakan bahwa sebagian sudah gk ada).

Jadi, detailkan dulu kondisinya. Baru bisa dianalisis (appraisal) estimasi harganya.

Atau tanpa detail kondisi pun, jika suka, ambil saja. Semua bisa dirawat sambil jalan. Banyak koq temen yang kayak gini.

Itu kalo emang niat.

Sebab syarat punya BMW itu:

  1. Niat
  2. Niat
  3. Niat.

IMHO, CMIIW.
Kediri, 6 April 2014 19:50 WIB

————————
Ref: Untuk ulasan, diskusi santai dan chit-chat silakan login ke sini http://m.facebook.com/groups/323699264381705

BIMMER THE SERIES
(Bimmer The Series) Harga Pasaran BMW Bekas Pt. I
(Bimmer The Series) Harga Pasaran BMW Bekas Pt. II
Mobil Eropa Dijual Alakadarnya?

MEMILIH BMW ā€“ THE SERIES

Memilih BMW Pt. I
Memilih BMW Pt. II
Memilih BMW Pt. III
Memilih BMW Pt. IV
Memilih BMW Pt. V
Memilih BMW Pt. VI
Memilih BMW Pt. VII

Posting-posting BMW https://freemindcoffee.wordpress.com/category/kumis-hitler/

Advertisements

One thought on “(Bimmer The Series) Harga Pasaran BMW Bekas Pt. I

  1. ajib šŸ˜€ jadi ndak usah scroll atas bawah mo cari thread yang berguna kang . mantep poll

    Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s