2019 Chevy Blazer.

Chevy S10 2nd Gen. (1994–2004)

ZR2.
Crew-cab.
Isuzu Hombre.

Pilihan mesin untuk Chevy S10 generasi kedua adalah:

  • 2.2 L (LN2/L43) I4
  • 4.3 L (LB4/L35/LF6/LU3) V6

Adapun total transmisi yang dipakai:

  • 4-speed 4L60-E automatic
  • 5-speed Borg-Warner T-5 manual (1994–95 I4)
  • 5-speed NV1500 manual (1996+ I4)
  • 5-speed NV3500 manual (V6)

Ada tiga pilihan jarak sumbu roda untuk Chevy S10 Blazer generasi kedua ini:

  • 108.3 in (2,751 mm) (reg. cab short bed)
  • 117.9 in (2,995 mm) (reg. cab long bed)
  • 122.9 in (3,122 mm) (ext. cab short bed)

Sedangkan lokasi produksinya ada di Shreveport, Louisiana, United States; Linden, New Jersey, United States; São José dos Campos, Brazil (GM Brazil).

Pada Chevy S10 generasi kedua ini, semua model khusus (Syclone, Typhoon, dan Sonoma GT) tidak dilanjutkan lagi. Perubahan yang ada kini membuatnya lebih setanding dengan pesaing utamanya: Ford Ranger.

Mesin Iron Duke 4-silinder dan 2,8 L 60 ° V6 dipensiunkan, Vortec V6 4,3 L ditingkatkan, dan mesin 2,2 L 4 silinder baru (yang telah diperkenalkan pada tahun 1990 pada berbagai produk GM platform kompak/sedang berpenggerakan roda depan telah menjadi mesin opsional pada generasi kedua S-10 ini.

Banyak komponen sasis yang sama dengan S10 generasi pertama. A-Frame antara generasi pertama dan kedua itu sama, meskipun aslinya mereka berasal dari platform GM G-Body,

Tulangan engsel kemudi (steering knuckle), per daun (leaf spring), dan diferensial-nya juga sama antara S10 generasi pertama dan kedua. Tetapi suspensi dan gardan S10 generasi kedua telah disempurnakan lagi, sehingga ia lebih rendah dari generasi sebelumnya.

SS.

Chevy S-10 SS adalah versi performa tingginya S-10, mulai diperkenalkan pada tahun 1994. Rata-rata kurang dari 3,000 unit S10 SS diproduksi saban tahunnya.

Awal diperkenalkan, S10 SS hanya tersedia dalam tiga pilihan warna: Onyx Black, Summit White, dan Apple Red. S10 SS dihentikan produksinya pada tahun 1998 namun diganti dengan S-10 Xtreme untuk model tahun 1999.

Mesin L35CPI 4.3 L V6 yang merupakan opsional pada S-10 standar menjadi dapur pacu tetap pada S10 SS. Mesin ini meletupkan tenaga 180 hingga 200 hp (149 kW), tergantung setingan sesuai tahun produksi kendaraan.

Chevy S10 SS punya suspensi yang lebih rendah, namun ini baru ada sejak model tahun 1996.

Adapun perubahan kosmetikalnya yakni grill yang berbeda, bumper sewarna bodi, velg 16-inch yang tersedia mulai 1996 hingga 1998 – berdesain senada dengan veg Camaro Z28 model 1991 dan 1992 dengan tutup tengah berlogo “bowtie” Chevrolet, dan beberapa perbedaan kosmetikan minor lainnya.

Semua S10 SS hanya tersedia pada versi regular cabs, Sementara S10 Xtremes tersedia juga pada versi extended cab “tiga pintu”.

Versi step-side (ban belakang ganda) pada S10 SS tersedia pada model 1996 hingga 1998 pada S10 Xtreme tersedia hingga tahun 2003.

ZR2.

Paket ZR2 adalah paket off-road yang tersedia untuk S-10 generasi kedua ini.

Paket ZR2 mencakup:

  • Jarak pijak (track) 4-inch (100 mm) lebih lebar,
  • Boxed ladder-type frame dengan titik mounting suspensi yang dimodifikasi,
  • Bearing roda/gardan yang lebih besar,
  • Ban all-terrains 31-inch,
  • Suspensi yang lebih tinggi. Ground clearance-nya jadi naik sekitar 3 inches dibanding versi standar,
  • Suspensi diganti Bilstein,
  • Fender/spakbor yang lebih lebar,
  • Velg alloy, and
  • Differensial belakang 8.5-inch dengan 10 bautan, dengan rasio gigi 3.73:1 plus Eaton G80 MLocker.

Chevy S10 EV.

Dikenal juga sebagai S-10 Electric, S-10E, S-10EV, E10, atau E14. Diperkenalkan pada tahun 1997, di-update sekali pada tahun 1998, habis itu diskontinyu.

S-10 EV dipasangi motor 85-kilowatt (114 hp) tiga phase, AC induksi, berpendingin cairan, sama dengan motor kupe elktrik GM’s EV1.

GM EV1 punya motor 100kW, namun pada S-10EV’s direduksi menjadi 85 kW sebab bobot yang berat dan hambatan angin yang bertambah membuat tekanan/beban berlebihan pada batere.

Selain mengurangi daya motor, S-10 EV menggunakan gerak roda depan, berbeda dengan S10 bermesin bakar yang menggunakan gerak standar roda belakang, atau pada Ford Ranger EV – sang kompetitor yang juga menggunakan gerak roda belakang.

Adapun jarak tempuh yang bisa dicapai:

  • Versi batere 16.2 kWh = 33 mi (53 km) (EPA) atau 43.8 mi (70.5 km) (J1634).
  • Versi batere 29 kWh = 72 mi (116 km) (EPA) atau 95.3 mi (153.4 km) (J1634).
Chevy S10 EV.
Chevy S10 step-side.
Chevy S10 Step-side.

Chevy S10 Blazer 2nd Gen (1995–2005).

Jika Chevy S10 pikap punya beberapa varian pada mesin V6 4.3 liternya, S10 Blazer ini cuman punya satu varian mesin 4.3 liter V6-nya yakni mesin 4.3 L (262 cu in) Vortec 4300 V6 dan satu lagi mesin 2.2 L (134 cu in) GM Family II L4 yang hanya terpasang di S10 Blazer versi Indonesia dan Brazil.

Secara global, plihan transmisinya hanya 4-speed 4L60-E Automatic dan 5-speed manual.

Berbeda dengan Chevy S10 pikap yang hanya diproduksi di beberapa tempat saja, Chevy S10 Blazer ini dirakit di:

  • Linden, New Jersey
  • Shreveport, Louisiana
  • Moraine, Ohio
  • São José dos Campos, Brazil (GM Brazil)
  • Valencia, Venezuela (GM Venezuela)
  • Shenyang, China (Jinbei GM)
  • Bekasi, Indonesia (GM Autoworld Indonesia)
  • Oshawa, Ontario, Canada
  • Ingersoll, Ontario, Canada (CAMI Automotive)
  • Elabuga, Russia (1996-1998)

Secara global, pilihan bodinya adalah:

  • 2-Door: 174.7 in (4,437 mm) – 177.3 in (4,503 mm)
  • 4-Door: 181.2 in (4,602 mm) – 188.8 in (4,796 mm)

Sempat muncul varian TrailBlazer pada tahun 1999. Namun ini hanyalah varian dengan perubahan kosmetikal berupa trim yang dipermewah.

Secara keseluruhan, variannya adalah:

Blazer Jimmy
Base SL
LS Standard Trim SLS
LT Luxury Trim SLE
Trailblazer Upscale Luxury Trim SLT
Xtreme Sport Trim Diamond Edition
ZR2 Off-road Trim Envoy

The ZR2 Package.

Sama dengan pikap S10, paket ZR2 juga tersedia pada S10 Blazer dengan ubahan spesifikasi yang senada:

  • Paket ZR2 hanya tersedia pada versi SWB dua pintu.
  • Rangka ladder-nya lebih lebar sehingga jarak pijaknya (track) bertambah lebih lebar sekitar 3.9 inches.
  • Versi ZR2 ini juga lebih tinggi 3 inch sehingga aman dipasangi ban 31×10.5 pada velg 15 inch.
  • Ring gear depan ditingkatkan menjadi 7.25″ dan belakang menjadi 8.5″ dengan rasio gigi gardan belakang 3.73:1.
  • Bearing gardan/rodanya juga diperbesar.
  • Palang anti ayun depan;
  • skid plates,
  • Bilstein shocks, and
  • Gardan belakang yang lebih gendut.

Paket XR2 ini bikin harga naik $ 1000. Pertama kali diperkenalkan pada pikap S10 pada tahun 1994 dan dibawa ke S10 Blazer pada tahun 1996.

Sayangnya, IIHS memberikan penilaian P (poor) pada tes tabrakan frontal untuk S10 Blazer ini.

>>> Ke awal artikel.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.