Akun Fesbuk Lenyap Pt.2

Akun admin “Tahukah Anda” lenyap lagi digaruk sugeblek. Apa salahnya akun ini tho sebenarnya: akun kriminal bukan, akun teroris bukan, akun penipuan bukan, akun gelap juga bukan, apalagi akun PSK online.

Bahkan ini akun (dan akun-akun admin lainnya di Mataraman) dikelola secara resmi oleh tim admins;

hanya karena melanggar administrasi fesbuk aja sampe digaruk. Fesbuk memang konon mempersyaratkan akun musti riil dan isinya tidak melanggar ketentuan komunitas fesbuk.

Sayang banget deretan like & komen yg udah ada jadi ilang.

Ya sudahlah, namanya juga numang gratisan di fesbuk, suka-sukanya yg bikin fesbuk.

So pelajaran yg bisa kita petik: jangan pernah sekali-sekali naruh postingan atau tulisan yg serius di fesbuk. Sebab kita ndhak pernah tau kapan akun kita dilenyapkan; tanpa ada kepastian bisa kembali atau tidak.

Akun kita mungkin bisa dilenyapkan cukup dengan “hasil aduan” oleh pengguna lain atau entah apa; tanpa pernah ada pengadilan, investigasi, atau apapun secara resmi.

Atau mungkin dianggap SARA/melanggar ketentuan komunitas fesbuk, alih-alih sebenarnya isinya hanya kebebasan berpikir atau berpendapat yg sesungguhnya sangat mungkin masih bisa dipertanggung jawabkan.

Intinya, kita tak bisa lagi membuat satu akun profil -dengan fungsionalisasi administrator- yg itu mewakili eksistensi komunal atau bersama.

Entah kenapa eksistensi yg ada dalam bentuk akun profile di fesbuk wajib sebagai eksistensi personal. Padahal bisa saja kita sebagai pengguna ini -dengan berbagai alasan tertentu yg sekiranya logis-
membutuhkan akun profil yg mana itu mewakili eksistensi komunal, melebihi eksistensi personal.

Tapi apapun, fesbuk adalah pencipta dan pemilik fesbuk. Kita di sini ada cuman numpang gratisan buat ajang sasaran iklan dan obyek untuk diawasi oleh tim keamanan dunia; dengan bonus ajang silaturahmi maya; yg pada silaturahmi sesungguhnya dan yg hakiki itu adalah jika kita ketemu (batin) secara langsung.

Jangankan fesbuk yg gratisan, kita langganan telepon seluler yg jelas-jelas mbayar secara mutlak untuk layanan yg kita pilih aja masih jadi korban iklan yg menyaru sebagai informasi koq!

So, kalo mau nilis yg perlu diwariskan ke pembaca atau generasi mendatang, tulislah di blog, atau bagus lagi bikinlah buku.

Di dunia maya khususon fesbuk, tulislah apasaja yg bisa ilang dengan seketika yg kita tak perlu mencari dan menggalinya lagi. Posting picisan atau mungkin hoax, itu saja kayaknya cukup. Dan mungkin malah aman. Apalagi nulis hoax dan posting picisannya serius banget.

Yg penting di fesbuk lalu-lintas postingnya rame, sehingga iklan laku dijual. Ibarat kata, “Kalian ngomong apalah gitu yg enteng-enteng aja, yg penting kalian pada liat iklan yg terpampang!”

Jangan sampe kalian nulis yg penuh pikiran, sehingga orang cuman fokus pada postingan dan sampe lupa kalo ada iklan yg perlu diklik dan jadi tambang uang bagi mereka.

Mungkin demikian.

Mungkin.

Tapi yg pasti, ini posting saya adalah posting picisan, terindikasi hoax, dan disinyalir memecahbelah persatuan dan kesatuan umat manusia.

– FHW

Akun Fesbuk Ilang Pt.1 https://freemindcoffee.wordpress.com/2015/04/03/akun-fesbuk-saya-hilang/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s