Orang Baik

Fails video kayak gini udah umum banget. Sering tayang di tipi juga.

Tapi khusus klip yang satu ini, membuat saya cukup terkesima usai melihatnya. Tapi entah saya terkesimanya karena apa. Pokoknya pas lihat, kayak gimanaaa gitu, serasa meresap dan menyentuh benak.

Selain klip ini merupakan cerminan karma (akibat) atas perilaku kita, bahwa setiap perbuatan baik atau buruk pasti akan ada balasannya; seperti misalnya jika urakan di jalanan, maka akibat buruklah yang kita terima.

Sayangnya bukan cuman kita aja (yang menerima akibat perbuatan buruk kita), orang lain yang tak bersalah pun kadang juga bisa kena getahnya.

Namun saya salut juga bagi mereka yang bersedia berhenti saat melihat kecelakaan terjadi. Tentu maksudnya pingin menolong si pelaku/korban kecelakan. Saya terkesima usai melihatnya: di mat saya mereka adalah orang-orang baik. Kebaikan ternyata tetap selalu muncul di mana-mana, pada apapun.

Jika perbuatan buruk kita bisa saja mencipratkan getah ke orang lainyang tak bersalah, maka mustinya perbuatan baik kita juga bisa memberikan efek manfaat kepada orang/pihak lain.

Jika kita menanam pohon di pekarangan sendiri, maka tetangga ada kebagian oksigennya. Sementara reruntuhan dedaunannya bisa kita cegah untuk tidak menyebar, dengan cara tepat memilih pohonnya atau rajin membersihkan rerontokan daun keringnya.

Dan beragam banyak contoh lainnya.

Jika kita membuang sampah seenaknya di pekarangan rumah sendiri, maka tetangga juga bisa kebagian bau busuknya, jika kita tak hirau dengan pengelolaannya.

Dan beragam banyak contoh lainnya.

Seperti pada klip yang satu ini, membuat saya cukup terkesima usai melihatnya. Satu nilai yang saya dapat: di mana-mana, pada apapun, orang buruk dan orang baik memang selalu ada.

Tinggal kita memilih jadi yang mana.

Ya Allah, tunjukilah kami jalan-Mu yang lurus, yakni jalan yang Engkau ridhai dan Engkau beri nikmat, bukan jalan yang Engkau murkai bukan pula jalan yang sesat.

– Freema Bapakne Rahman,
menyusuri jalan raya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s