#JanganBeliBMW #JanganBeliBiem

Punten mau nanya… Gimana pendapat paklik-paklik di sini tentang BMW E34 520i M50 tahun 1992? Mobil pertama ini. Butuh panduan dari para paklik. Hehehe…

Saya dikasih tau kalo baru pegang mobil jangan BMW. Disuruh Great Corolla aja. Tapi duit belum cukup.

Terima kasih sebelumnya.

https://m.facebook.com/groups/323699264381705?view=permalink&id=1174618709289752

Sudah bener itu kata temennya, beli Corolla atau Civic atau Accord aja. Biar tenang hidupnya: spare-part gampang dicari, kadang banyak KW-nya yang bikin kantong nyaman; mobil gampang dibetulin, mekanik bawah pohon wari juga bisa mbetulin.; dijual kembali juga relatif cepet lakunya.

Kalo beli BMW ntar malah hidup bikin susah. Soale spare-parts BMW mihil, mesinya boros, dijual kembali ndhak laku-laku.

Mobil sakit dikit, ndhak bisa dibawa ke mekanik bawah pohon waru. Alih-alih sembuh, malah bisa tambah parah ntar sakitnya. Orang yang katanya bisa dan biasa megang BMW aja kadang masih suka ndhak bener ngerjakannya.

Apalagi buat tipe yang baruan dan bengkelnya ndhak punya scanner. Perkara nangani sensor ABS atau ganti alternator atau beberapa ‘special case’ lainnya bisa ndhak beres karena tanpa scanner buat ngereset ke posisi kembali awalnya.

Udah gitu kalo ganti parts, khususon parts slow-moving, seringnya musti pesen ke kota besar. Mesti nunggu paling ndhak besoknya nyampe, karena dikirim pake bis malam.

Coba kalo beli parts Corolla, Civic, atau Accord; asal toko spareparts aja, biasanya aja. Mau shock-breaker, coil, kabel busi, sampe fuel-pump nyaris pasti tersedia. Kadang banyak KW-nya, bikin kantong nyaman.

Coba aja tanyakan parts tersebut untuk BMW di toko parts (umum) paling gedhe di kota Anda. Boro-boro ada pilihan KW-nya, biasanya yang ada cuman businya doang. Maklum, jenis busi BMW jadul itu sepertinya udah mulai dipake mobil-mobil umum era kekinian. Makanya toko parts (umum) nyetok busi yang dipaki juga sama BMW.

Lainnya stok busi, ada juga sama aki tentunya.

Aki-nya BMW yang model DIN (DIN = SNI-nya Jerman, yakni yang kepala kutub-nya melesek ke dalem. Kalo yang kepala kutubnya nongol nonjol itu aki JIS. JIS = SNI-nya Jepang. Dengan harga aki DIN = 50% lebih mahal ketimbang aki JIS. Sementara model macam E30, E34, itu wajib pake aki DIN karena tempatnya udah dirancang super ngepres, ngepas banget.

Untuk beberapa model BMW seperti misalnya E36 yang space-nya memungkinkan dan bisa dipasangi aki JIS pun, bagi yang ngerti tetep ndhak mau. Karena daya tahannya bisa dibilang beda dibanding aki DIN.

Pake aki DIN pun, bagi yang ngerti, biasanya dipasanginya pake merk Varta atau yang setara, bukan Yuasa atau GS Astra apalagi G-Force atau Yokohama. Soale CCA/cold crank amperage-nya Varta, bahasa sederhananya CCA adalah simpanan setrum buat starter, beda.

Varta atau merk lain setara punya dua-tiga kali lipat angka CCA-nya. Buat nyetarter masih ada cadangan setrum banyak. Kalo merk lain umumnya, buat tiga kali nyetarter atau lebih biasanya udah musti di-charge. So, harganya Varta juga dua-tiga kali lipatnya merk lain umumnya.

Itu semua buat yang ngerti. Kalo saya tergolong kaum yang ndhak ngerti.

Udah gitu kalo mobil ada yang lagi ndhak enak, hidup keganggu banget. Hari-hari rasanya ndhak nyaman banget. Kalo mboil dalam kondisi enak, dunia beneran serasa milik kita sendiri!

Nggak percaya? Coba aja pake BMW. Cari yang sehat bin waras tapinya. Jangan yang kayak punya saya.

Udah gitu kalo seminggu ndhak mbejek gas, rasanya galau banget. Hari hari kayak orang linglung. Sekali mbejek gas, kayak orang sembuh dari penyakitnya. 😀

Udah gitu pas mau dijual, cuman ditawar murah ama temen sendiri. Itu masih mending. Kalo udah ketemu enaknya, pas mau dijual, suka dimarahin ama bini. “Ndhak boleh!”

Lho? Gimana sih? Jelas-jelas mobil nyusahin, koq ndhak boleh dijual? Hadew… repot emang pake BMW itu!

Udah jangan beli BMW.

Udah, gitu aja.

#JanganBeliBMW #JanganBeliBiem

– FHW
BMW E34 M60B30 530i AT 1995
Kediri, Jatim

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s