Ikonik

Pernahkah Anda mengidentifikasikan sebuah produk, atau merk, hanya dari siluetnya saja? Tentu kita semua pernah, meski tidak semua produk ikonik kita mengenalnya, mungkin karena batasan preferensi dari subyektif kita masing-masing.

Merk atau produk yang meresap di mindset/benak kustomernya (harus) akan mudah dikenal dari ikon, atau siluetnya.

Mereka gampang dikenali, selain karena umur merk/produk mereka memang udah lama, lebih dari itu memang karena mereka membuat produk dengan karakter dan konsistensi yang khas.

Yang saya pribadi amati lebih mendalam tentunya BMW. Hanya dengan siluet kidney grille-nya atau gril ginjal alias gril lobang/bolong dua yang sangat khas dan ikonik itu, ketika digambar dalam bentuk siluet publik akan mengenalnya sebagai BMW.

Lebih spesifik, meski produk-produk BMW sering dianggap “kembar-kembar” terus, ternyata tiap produk yang dirilis memiliki karakter khas dan spesifik. Ketika ada siluet tiap produknya, bimmerfan/penggemar BMW akan langsung bisa mengidntifikasi: oh ia E12, ia E21, ia E30, ia E34, ia E36, ia E39, ia E46, dll. Itulah BMW yang ikonik.

***

Yang paling ikonik yang semua orang tanpa pandang sekat bisa mengenal dan mengenalinya mungkin si Volkswagen (VW) bug/beetle/kumbang atau kodok di sini kita biasanya menjulukinya.

VW kodok dengan bentuk yang super khas, tak tertiru oleh siapapun, telah dikenal dan mudah dikenali via siluet oleh siapa saja.





***

Citoren ini juga ikonik, hanya mungkin tak semua orang mengenal produk ini.

Yang ini mungkin siapapun juga kenal.

Benda ini juga ikonik. Namun sekali lagi, mungkin tak semua publik mengenalnya.

***

Nah sekarang, dapatkah Anda mengenali dua produk ini?


MUNGKIN dari sini kita bisa tarik secuil inspirasi: jadilah ikonik untuk kelanggengan merk atau produk Anda. Ciptakan produk dengan karakter dan konsistensi yang khas.

Ikonik bukan berarti gambar atau siluet. Akan tetapi ketika seseorang dari kota lain datang ke kota Anda kemudian bertanya, “Apa makanan paling enak atau paling khas di kota ini?”

Dan banyak warga kota yang bisa menyebutkan warung kecil tersembunyi Anda misalnya, maka itulah ikonik.

– FHW
pernak-pernik

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s