Endpson

Epson TX121. Beli dari baru.

Dulu pernah mati tanpa gejala apapun. Ternyata mainboard-nya kena.

Trus saya ganti di servisan printer. Bayar beberapa ratus ribu, sekitar sepertiga harga unit barunya.

Trus board-nya mati lagi. Nyari part-nya ke mana-mana ndhak ketemu. Kata servisan printer, barangnya emang langka. Konon karena banyak yang butuh dan board T-Series ini gampang rusak. Walah….

Eh kersaning Allah, pakpuhnya si kecil punya barang yg sama: Epson TX121 yg sowak printhead-nya.

Dihibahkan ke saya, saya copot mainboard-nya buat kanibalan. Waraslah usai cangkok mainboard untuk yg keduakalinya.

Sekarang mati lagi. Saya coba tuker power supply-nya, ndhak nyala. Mungkin board-nya lagi? 😭

***

Entah taon berapa saya beli printer Epson TX121 ini, sampe lupa. Pokoknya saya beli pas barusan keluar.

Dulu awal pake, di awal milenium 2000 pake Canon S100SP, usai biasa ngeprint di rentalan pake Canon BJC1000 saat masih kuliah. Di UKM kampus juga sempat menikmati Lexmark, lupa tipenya, mirip BJC1000. Namun printer paling pertama yg saya kenal ya printer krek-krek itu, waktu masih menempuh masa pendidikan menengah di era ’90an.

Canon S100SP si printer awal masih kerja normal, pensiun karena cartridge-nya udah ndhak ada di pasaran sejak lama.

Akhirnya itu pinter saya injek sampe remuk karena sebel: giliran saya pegang duit, eh kartrid diskontinyu! 😞

Lantas ganti HP Deskjet D1360 sekitar taon 2002. Yang harga unit baru dengan dua kartrid perkenalannya cuman selisih 50rb dari beli kartrid baru satu set. Lumayan, suntik tiga kali karena pada suntikan keempat biasanya kartrid udah sowak, beli printer baru lagi.

Lantas ganti Epson C43SX. Lantas ganti Epson C45. Saya pilih dia karena mendadak Epson paling enak disuntik/diisi ulang tintanya dan bisa direset pake resetter. Sekian jam terbang, print head-nya sowak juga.

Kemudian printer sowak, ganti lagi pake Canon ipxxxx lupa tipenya. Bodi warna putih merebah mirip Canon Pixma ip1700. Lumayan, suntik sampe banyak kali. Hingga sowak juga.

Ganti Epson lagi. Epson C90. Terpakai normal. Yg ini rekor, selesai bertugas karena saya jual. 😂

Ada rejeki, maruk memborong banyak printer:

  • Epson CX550, multifunction pertama yg kami punyai.
  • Samsung laser mono ML-2010 buat nyetak dokumen monokrom banyak dan cepat.
  • Samsung CLP-300N buat nyetak warna alakadarnya.
  • HP Color Laserjet 1600, pake toner orisinal, buat proofing warna.
  • Kesemuanya udah sowak satu per satu.

    Paling akhir adalah TX121 ini.

    Entah taon berapa saya beli printer Epson TX121 ini, sampe lupa. Pokoknya saya beli pas barusan keluar.

    Mungkin emang waktunya minta ganti.

    Ada rekomendasi printer low-end yg buadak?

    Terima kasih saran dan masukannya.
    – FHW X111

Leave a Reply

