Menggandakan Kunci BMW

Saya naik motor, mendatangi tukang kunci di depan SDN Jagalan, Kediri.

“Pak, ndherek tanglet rumiyin nggih? Saged ngukir tengah kunci mekaten punika?” (Pak, nanyak-nanyak dulu boleh kan? Bisa ngukir kunci kayak gini?) Kata saya sambil menyodorkan blank key BMW dan foto kunci master dari hape.

“Saged, Mas!” (Bisa, Mas!) Kata si Bapak tukang kunci sambil membolak-balik itu blank key kemudian gantian liat poto kunci master di hape.

“Pinten ongkosipun Pak?” (Berapa ongkosnya, Pak?)

“Kunci mobil napa punika Mas?” (Kunci mobil apa ini Mas?) Tanya balik si Bapak kepada saya. Padahal ada logo kecilnya di itu blank key yang dia lihat-lihat.

“Kuncinipun BMW Pak…”

“Oh, setunggal atus Mas…” (Oh, 100rb Mas…)

“Niki kuncine pun lami Pak… Pun kirang gathuk pleg teng mobil…” (Ini kuncinya udah lawas banget Pak, ada kurang presisinya di mobil…) Saya mencoba menjelaskan term and condition-nya.

“Dicobi rumiyin kemawon Mas… Niki kuncine pun di-set?” (Ya kita lihat dulu aja Mas… BTW, ini kuncinya udah di-setting?) Tukas si Bapak menunjukkan profesionalitasnya.

Di-set? Sepintas saya mengernyitkan dahi. Sejurus kemudian saya paham maksudnya: dikloning immo-nya. Canggih niy bapak, ngerti masalah immo juga πŸ˜€

“Oh, chip immobilizer tho Pak? Mangke kula ingkang mindah piyambak…” (Oh, chip immo tho Pak? Itu nanti urusan saya, saya pindah sendiri koq…) Saya mencoba meredam kekhawatiran si Bapak tentang immo.

Si Bapak manggut-manggut.

“Kula biasa nggarap kunci Innova, CRV, lan lintune Mas… Biasane tiyang tumbas teng dealer, lajeng diukir teng mriki. Saged ugi pesen teng sales, regine selisih saking nem atus namung dadhos satus kalih dasa. Mangke ongkose tigang dasa… Kula sukani selangkungan menawi ngukir kalih.”

(Saya biasa ngukir kunci Innova, CRV, dll. Mas… Biasanya orang beli di dealer –blank key sama kloning chip immonya kala saya tangkep nuansa penjelasan si Bapak itu tadi- lantas diukir di sini. Bisa juga pesen ke suplier anak kunci, harga jauh lebih murah, selisih lumayan dari 600an rb di dealer, di sales cuman 120an rb – tinggal 20%nya dari dealer. Dan ongkos ukirnya 30rb aja… Atau 25rb sebiji kalo ngukir dua anak kunci.)

Gantian saya yang manggut-manggut. Kalo anak kunci (mobil) pasaran ongkos ukirnya cuman segitu 😦 Hiks…

“Inggih, mangke menawi siyos, mobile kula begtane mriki… Kersane saged langsung dicobi… Tutup jam pinten Pak?” (Okey deh Pak, nanti kalo jadi, mobilnya sekalian saya bawa sini… Tutup jam berapa Pak?)

“Kula jam 3 Mas… Minggu kΓ¨ndΓͺl…” (Kalo saya tutup jam 3 Mas, minggu libur.)

Saya mengucapkan terima kasih dan berpamitan.

Saya starter motor, pindah ke tukang kunci yang sebelah agak sonoan, yang ndhak keliatan dari lapak si Bapak, di pusat perkuncian kawasan Pasar Setonobethek. Di sini tukang kunci berjajar-jajar. Dari yang alatnya lumayan lengkap buat ngelayani kunci aneh-aneh sampe yang ngelayani kunci tipis gepeng dan ngukirnya masih cukup pake kikir! πŸ˜€

Rekan-rekan Kedirian pasti ngeh jarak dari kawasan Jagalan ke Setonobethek: ndhak jauh, tapi cukup untuk ‘menghilangkan diri’.

Selain menggandakan, mereka di sentra perkuncian Pasar Setonobethek tersebut kebanyakan juga terima jasa bongkar pasang kunci macet atau kunci ilang. Juga terima reparasi bonggolan kunci dan rumahannya. Kebanyakan siy emang kunci rumah, kunci motor, atau mobil model pasaran gitu.

Kalo pandai nawar, harga bisa jauh lebih miring ketimbang beli satu set rumah kunci. Rumah kunci motor atau silinder kunci pintu rumah misalnya.

Jeleknya, saya kurang ahli nawar-nawar harga. Biasanya saya cuman ngandelkan sreg apa ndhak di hati.

Pun saya juaranggg banget urusan sama bongkar-pasang/reparasi kunci. Paling-paling cuman nggandakan kunci rumah biar seisi rumah megang satu-satu karena anak kunci bawaannya masih kurang sebiji-dua-tiga. Kalo cuman nggandakan kunci umuman gini, biasanya mereka ngasih harga pas aja.

Cuman saya kurang tau, apakah mereka bisa ngegandakan kunci digital, yang pake kartu atau slot key berisi chip itu, bisa dibilang udah ndhak pake batangan berukir gitu; baik buat pintu rumah atau kunci mobil. Dan kayaknya khusus yang ginian ini belom ada. Mungkin dari Anda ingin membuka bisnis ini, pastinya belom ada pesaingnya di sini. Mengingat mobil-mobil sekarang udah banyakan yang keyless-entry dan kunci pintu rumah juga bisa dipake sistem digital.

Pasar? Kalo belom ada, bisa diciptakan! Kuncinya pada edukasi dan keseimbangan harga vs manfaatnya price vs value. πŸ˜€

Di depan tukang kunci.

“Pak, ndherek tanglet rumiyin nggih? Saged ngukir tengah kunci mekaten punika?” (Pak, nanyak-nanyak dulu boleh kan? Bisa ngukir kunci kayak gini?) Kata saya sambil menyodorkan blank key BMW dan foto kunci master dari hape.

“Saged, Mas!” (Bisa, Mas!) Kata si Bapak tukang kunci sambil membolak-balik itu blank key kemudian gantian liat poto kunci master di hape.

“Pinten ongkosipun Pak?” (Berapa ongkosnya, Pak?)

“Kunci mobil napa punika Mas?” (Kunci mobil apa ini Mas?) Tanya balik si Bapak kepada saya. Padahal ada logo kecilnya di itu blank key yang dia lihat-lihat.

“Kuncinipun mobil tuwaaa sanget Pak… Kagungane rencang punika, punika wau nitip teng kula kersane kula tangletne rumiyin…” (Kunci mobmwil tua bmwangka Pak… Punyak temen koq , ini tadi nitip ke saya buat nanyak-nyak dulu…) Saya ndhak bohong, emang itu blank key punya Om Abi.

“Pitung dasa gansal Mas…” (75rb Mas…)

“Niki kuncine pun lami Pak… Pun kirang gathuk pleg teng mobil…” (Ini kuncinya udah lawas banget Pak, ada kurang presisinya di mobil…) Saya mencoba menjelaskan term and condition-nya.

“Dicobi rumiyin kemawon Mas…” (Ya kita lihat dulu aja Mas…) Tukas si Bapak menunjukkan profesionalitasnya.

“Inggih, rencang kula kabarane rumiyin. Mangke menawi siyos, mobile kersane dibegta mriki… Supadhos saged langsung dicobi… Tutup jam pinten Pak?” (Okey deh Pak, temen saya kabari dulu. Nanti kalo jadi, mobilnya biar sekalian dibawa sini… Biar bisa langsung dicoba. Tutup jam berapa Pak?)

“Kula jam gangsal Mas…” (Saya tutup jam 5 Mas…)

Saya mengucapkan terima kasih dan berpamitan.

Moral cerita ini: kalo urusan sama BMW, mending bawa motor, dan upayakan jangan ngaku apa-apa tentang BMW. Lumayan, itu nyari info ngukir anak kunci aja udah turun 25rb (25%) hanya karena saya ndhak nyebutkan merk BMW πŸ˜€

Sukur-sukur kalo bisa ngerayu tukang kunci agar blank key BMW diukir pola luar -bukan pola dalam- kayak anak kunci mobil pasaran gitu, mungkin ongkosnya bisa turun jadi 30rb. Malah 25rb per biji kalo ngukirkan dua anak kunci(BMW, dengan pola ukir mobil kebanyakan)! πŸ˜€

Jadi inget pas beli semangka di sini https://freemindcoffee.wordpress.com/2014/04/23/bmw-yang-luar-binasa/: suatu sore saya sama istri naik motor beli semangka, sekilo dihargai 5rb. Tepat besok paginya saya kembali ke penjual yang sama bersama istri bawa BMW, sekilo harganya 6rb nett dari awalnya ditawarkan 7rb. Udah beda 20% πŸ˜€

Bawa BMW koq nyari murah? Gengsi donk!

Makan aja itu gengsi, sampe kenyang sono! πŸ˜€

– FHW,
saya bukan anti gengsi, saya cuman gagal nyari gengsi apalagi sampe jaga gengsi.

One thought on “Menggandakan Kunci BMW

Leave a Reply

