BMW F30 LCI 340i

Ini bukan F30 modifan. Ini asli 340i, “cc” (pake tanda petik lho ini) terbesar dalam sejarah seri 3!

BMW 340i! Menurut nomenklatur BMW, maka ini artinya seri 3 dengan kapasitas 40(00)cc – injection/intelligent. Sementara LCI (life cycle impulse) adalah nama dagang BMW untuk produk facelifted-nya.

BMW Seri 3 F30 sendiri adalah Seri 3 generasi keenam dimulai dari E21, E30, E36, E46, E90 (sedan)/E91 (Touring)/E92 (coupe)/E94 (cabriolet/convertible), dan F30 (sedan)/F31 (Touring)/F34 (Gran Turismo)/F35 (LWB/long wheel base sedan) ini. Sementara versi coupe/cabliolet di F30 ini menjadi Seri 4 (F32 coupe, F33 cabriolet/convertible, dan F36 Gran Coupe). Cek lebih lengkap tentang Seri 3 F30 di sini https://en.wikipedia.org/wiki/BMW_F30. Cek lebih lengkap tentang sejarah Seri 3 di sini https://en.wikipedia.org/wiki/BMW_3_Series

BMW F30 340i, sebenarnya cc aslinya bukan 4000cc. Ia punya kapasitas 3000cc dari mesin modular B58. Ini generasi mesin terbaru BMW, mesin modular yang tiap lobang bakar punya kapasitas 500cc. Sehingga kalo jumlah silindernya 6, maka kapasitasnya 6x500cc = 3000cc.

Mesin modular ini, sesuai namanya: modular, dirancang tinggal dikali-kalikan saja besarannya. Saat ini mesin modular BMW ada tiga mesin sesuai jumlah silindernya: 3 silinder, 4 silinder, dan 6 silinder. Sekali lagi, tiap silinder berkapasitas 500cc. Tinggal dikalikan dengan jumlah silindernya. Baik mesin bensin dan diesel bisa dibilang sama pleg rancang bangunnya, dan tentu bedanya di sektor sistem (suplai dan injeksi/pembakaran) bahan bakarnya aja.

Dan kembali ingat, penyematan turbo membuatnya tidak bisa dibaca langsung sesuai jumlah cc-nya. Seperti contoh B58 ini, 3000cc ditambah turbo sehingga dianggap setara 4000cc tanpa turbo (non-turbo = NA/naturally-aspirated).

Mesin modular di F30 LCI ini menggantikan (replacing) F30 pre-facelifted 335i bermesin N55(B30) yang juga 3000cc. Baik N55 maupun B58 dianggap berbeda cc pada nomenklaturnya karena jejalan turbo (FI/forced induction)-nya.

Kapasitas mesin yang berbeda dengan nomenklaturnya ini bukan baru-baru ini terjadi di BMW. Pada Seri 3 E36, E36 323i punya mesin 2500cc namun tenaganya dianggap setara 2300cc pada line-up E36 kala itu.

BMW Seri 5 E39 523i juga bermesin 2500cc namun tenaganya dianggap setara 2300cc pada line-up E39 kala itu.

Dan kelakuan “melenceng” (perbedaan cc mesin dengan nomenklatur) ini bukannya surut, ternyata malah menjadi-jadi pada BMW-BMW tipe semakin baru. Mesin N20B20 4 silinder misalnya, punya versi: 154hp, 181hp, 215hp, dan 281hp. Jadi BMW Seri 5 F10 520i, 525i, dan 528i sesungguhnya punya mesin yang sama, yakni N20B20 tsb. hanya beda di force-induction-nya.

Tapi bukan cuman BMW. Pabrikan lain yang menyematkan nomenklatur kapasitas mesin di seri/variannya juga banyak yang kelakuannya melenceng kayak gini. Sebutlah Mercy Klasse-C W204 C250 yang harusnya bermesin 2500cc, ternyata juga cuman menggendong mesin 1800cc. Namun Mercy W204 C300 mesinnya malah berkapasitas 3500cc.

BMW F30 340i ini dirilis untuk peringatan 40 taon seri 3. Selama enam generasi Seri 3 senantiasa menjadi pemimpin di kelasnya ini. Nah, apakah ntar kalo Seri 3 umurnya udah 50 taon bakal nongol 350i dan kalo 60 taon nongol 360i? 😀

BMW F30 340i ini punya keluaran tenaga 322hp dengan torsi 450Nm. Sebagai perbandingan, E36 318i M43 bertenaga 113hp; E36 323i = 168hp; E46 318i N42 (facelift) = 141hp; E46 325i = 189hp; E46 330i = 238hp.

BTW, seperti apakah tampang Seri 3 itu? BMWBLOG menyebutnya dengan mata kerbau di ujung senapan! 😀 Cek bagaimana Seri 3 terbaru seperti melahirkan kembali kejayaan Seri 3 era silam sebelum-sebelumnya di sini http://www.bmwblog.com/2015/07/28/test-drive-bmw-340i-vs-bmw-323i-e36/

Lebih lengkap tentang ulasan BMW F30 LCI 340i berikut buuuanyakkk fotonya silakan kunjungi laman-laman ini http://paultan.org/2015/07/22/gallery-bmw-f30-lci-340i-in-mediterranean-blue/ sama ini http://www.bmwblog.com/2015/05/10/live-photos-bmw-340i-sedan/bmw-3er-f30-lci-sport-line-mediterran-blau-340i-01/ juga ini http://www.caranddriver.com/reviews/2016-bmw-3-series-340i-first-drive-review

Trus, untuk masalah perawatannya F30 ini gimana, jangan nanyak saya. Karena selain model ini mestinya masih garansi pabrikan, saya juga ndhak punya F30. Megang juga belom pernah 😀 Yaaa doakan aja saya bisa punya. Nanti yang mau minjem saya pinjemi.

Dan ingat, jangan pernah nanyakan BMW ke saya. Untuk chit-chat perilah biem, silakan ngangkring – posting pertanyaan – becanda tawa dimari saja Angkringan-online https://m.facebook.com/groups/323699264381705

– F30HW,
CMIIW.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s