50-80

Masbro, piye kabare?

Nuwun sewu arep takon soal BMW, ketoke sampeyan paham banget…

Untuk budget 50-80jt kira-kira optimasi model yg mana? Pengen matic, gak terlalu boros, cukup lega… Maune meh golek E46 cuman kok akeh cerita miring akhire diturunkan budgetnya…

Pilihan sementara E36 series wae…

-PM seorang senior SMA ke saya-

Well, pertama tengkyu PM-nya masbro… Saya sebenarnya ndhak paham-paham banget ama BMW. Wong kalo ada pertanyaan, sering saya forward ke forum juga koq.

Soale kalo nanyaknya di forum, enak… Kalo ada yang salah njawab, ada yang ngoreksi. Kalo saya jawab via PM, ya kalo jawaban saya bener… Kalo salah dan kemudian dilaksanakan, wah, menjerumuskan orang itu namanya 😦 😀

Kedua, alhamdulillah panjenengan ada rejeki buat nebus BMW. Rejeki itu murni given dari Yang Maha Kuasa. Kewajiban manusia cuman bersusaha, bukan memastikan rejeki kita. Bahkan besarnya usaha kita (menggapai rejeki) itu pun sebenarnya tidak berkorelasi dengan perolehan (nominal) rejeki yang kita dapatkan.

Usaha kita hanyalah berkorelasi dengan (nilai-nilai) kemuliaan yang bisa kita dapat. Apakah usaha (=bekerja) kita ini untuk menggapai kemuliaan atau sebaliknya, kalo ini baru tangan kita sendiri yang menentukan. 😀

Dan berhubung kita harus menggunakan rejeki dari Yang Maha Kuasa ini sebaik-baiknya, maka baiknya pas butuh mobil, kita beli mobil yang paling optimal untuk kita/keluarga.

Dalam sudut pandang subyektif saya, mbeli BMW (seken) itu solusi menfaatkan rejeki dengan sebaik-baiknya: memperoleh mobil murah tapi nyaman dan aman. Asal: BMW-nya sehat! #Moga-moga ini nyambung#

Nah, merangkai dari intermezo ini, maka ada satu titik awal: jangan habiskan seluruh budget untuk membeli unit BMW (seken)nya. Namun tetep sisakan untuk restorasi awal.

Mobil bekas teteplah mobil bekas, pasti ada kekurangannya. Sejauh kekurangan ersebut bisa dikembalikan sejara normal dan wajar, maka itu tetep mobil dengan kategori layak beli, Tinggal harganya saja yang disesuaikan dengan kondisinya.

Sedikit clue dari rekan-rekan, berapa biaya perbaikan/restorasi awal sebuah mobil seken? Ada yang bilang 10% dari harga baru si mobil, dalam kurs sekarang.

Umpama E36 barunya jika di-kurskan sekarang adalah 500jt, maka perlu 50jt untuk merestorasinya. Ini optimalnya, tapi bukan berarti mutlak segitu. Tergantung kondisi.

So, menuju ke pertanyaan utama, dengan budget 50-80jt dapet BMW (matic) apa yang optimal? Dengan budget segitu pilihan optimumnya ada di bawah ini.

E36 320i/323i AT

Bisa 320i atau 323i, keduanya punya opsi matic. Berdasarkan buanyak testimoni, 320i vs 323i perawatannya bisa dibilang sama, konsumsi bahan-bakarnya juga sama. Kalo suka BMW dengan performa buas, angkat aja 323i.

Bedanya, 323i mungkin harga perolehan awalnya relatif lebih tinggi ketimbag 320i.

E36 adalah BMW seken paling sempurna dari segala sisi sejauh ini. Harga perolehannya relatif terjangkau, perawatannya super mudah, konsumsi bahan bakarnya sungguh ekonomis.

Handlingnya luar biasa stabil, dan kenyamanannya masih khas BMW (meski kalo dikomparasi dengan seri 5, tetep saja ia adalah sebuah seri 3, tetep saja kalah nyaman telak lawan seri 5 😀 Hehehehe…

Tapi kalo dilawankan dengan mobil kompak Jepangan misalnya, yang kadang harga perolehannya labih tinggi untuk tahun yang sama dan perawatan mereka belom tentu lebih murah ketimbang E36, mengendarai E36 akan membuat kita bahagia sepanjang masa.

E36 sempurna untuk keluarga kecil yang tidak memerlukan ruang dengkul belakang luas. Misal ayah+ibu dengan dua anaknya. Sampai mereka usia SMP, bangku belakang masih layak dibilang lega.

Ada lagi opsi matic sebenarnya, yakni E36 318i M40 AT. Tapi saya pribadi kurang menyarankan mobil ini untuk harian. Takutnya ntar kerasa underpower sehingga kurang kerasa BMW-nya. Hehehehe… 😀

E34 520i AT

Pilihan maticnya E34 ada meski jarang. Tapi di OLX ada aja tuh yang diiklankan. Mobil ini adalah kesempurnaan dan paduan kenyamanan dan keekonomisan. Konsumsi bahan bakarnya mirip-mirip ama Kijang, sementara biaya maintenisnya murah abis, sama kayak E36 (malah beberapa item lebih murah ketimbang E36!

Kelemahannya cuman satu, bener-bener satu: tampang jadulnya bikin kaum perempuan ndhak suka. Padahal andai mereka tau kenyamannya, dijamin bobok nyenyak di dalamnya tanpa harus teriak-teriak kala masuk SPBU 😀

E39

Mengerucut ke 528i, khas seri 5, harga sekennya jeblok. Cuman, untuk E39 yang jeblok bia dipastikan kondisinya ancur.

Persoalannya, taruh kata dengan kondisi yang sama dengan E34, biaya restorasi E39 amannya dianggarkan 2x lipat ketimbang E34 (520i).

Tapi ini seri 5 yang kaum perempuan bisa mulai suka. Meski jika disandingkan dengan E46, kebanyakan kaum perempuan tetep aja suka E46. Maklum, bawaan seri 3, tampangnya pasti selalu manis pada semua modelnya.

E39 tentu lega banget ketimbang E36. Namun biaya restorasinya musti siap mental di depan.

***

E46 sebenarnya paling pas untuk tampang yang modern dan manis, kenyamanan sudah mulai meninggalkan seri 3 dan sudah mendekati seri 5, serta konsumsi bahan bakar yang ekonomis.

Persoalannya, hari-hari sekarang ini E46 belom jatuh nyungsep harganya. Dan perawatannya sama kayak E39, masih belom bisa dibilang murah meriah.

Harga perolehannya yang belom facelift masih 70-100an. Belom restorasinya. Padahal untuk mobil seusia E46, rasanya restorasi sudah menjadi hal yang wajar dan layak jika harus terjadi.

Kecuali memang budget siap di angka 100-150an jt, monggo angkut E46 sekalian restorasinya.

Restoranisasi… Eh, Restorasi

Dengan budget 80jt, saran ane: angkat E36 dengan harga 40-50jt atau E34 dg harga 30-40jt, kemudian restorasi dengan budget 20-40jt. Untuk E39, harga perolehan dan restorasinya siapkan tambah sekitar 20%-50%an.

Masbro akan mendapatkan BMW yang tinggal isi bensin dan ganti oli aja untuk (katakanlah) 5 tahun ke depan.

Pas budget sudah tersedia seperti itu, saranku jangan nyicil maintenisnya. Restorasi total di depan:

– Kaki-kaki remajakan total;
– AC perbarui kalo udah tua – biasanya indikasinya di selang-selangnya yang udah kembung;
– Buka cylinder head -> bersihkan -> ganti gasket-gasket;
– selang-selang power-steering cek dan perbarui jika dirasa udah tua; serta
cooling-system remajakan total! Ganti radiator, selang-selang, thermostat, sama water-pump;
– Tak lupa tentunya basic tune-up: kuras semua fluida (oli mesin, oli transmisi, oli gardan, minyak rem, dll. termasuk ganti semua filter (filter bensin, filter oli, filter matic, filter AC), dan busi tentunya.

Selain biar ntar tinggal pakai, juga insha Allah biar ndhak was-was over heat atau mogok di tol.

Kenapa harus restorasi?

Sebenarnya tidak harus, asal keluarga ikhlas jika biem njenengan nyaris tiap weekend main ke bengkel.

Karakter khas BMW, biasanya kalo tidak tuntas pembenahannya, adaaa aja masalah yang datang. Maklum, beban yang diterima tiap komponen jadi ndhak imbang jika kondisinya tidak fair.

Inilah yang kemudian orang kebanyakan menilai, “BMW itu gampang rusak, tidak sereliabel Toyota misalnya…”

Padahal, penilaian ini bisa jadi tidak komprehensif dan komparadornya tidak vis-a-vis.

Milih Jodoh

Dan satu hal ‘permanen’, apapun BMW yang dipilih, usahakan:
– bodinya lempeng (ndhak bekas tabrakan, kalo sekedar dent minor mah dimaklumi aja… namanya mobkas 😀 Hehehehe);
– surat-surat ada, entah berapa tahun pun matinya;
– interior upayakan utuh (jok ndhak sobek-sobek, kisi-kisi AC ndhak pecah-pecah, trim utuh. Soale masalah interior ini dibilang gampang ya gampang dibilang susah ya susah.

Lain kalo mesin. Mau mesin pecah kayak gimana, aal masih ada nomer mesinya, bisa dikembalikan utuh seperti sedia kala dalam sekejap. BMW yg modelnya pasaran di sini nyaris semua komponen mesin/kaki-kaki dll. tersedia lengkap.

Kalo interior, kadang untuk mengembalikannya utuh, bisa beberapa hari bisa bertahun-tahun. Tergantung nasib juga. Maklum, belom tentu printhilan interior ada yang njual baru soale. Kadang murni ngandelkan copotan. Hehehehehe…

Happy hunting masbro… Kalo mau order BMW dalam kondisi siap pake, boleh tuh hubungi akyu 😉 Hehehehehe….

– FHW
Salam vhrooom! Dan jangan lupa senatiasa buang sampah pada tempatnya. Ingat masbro, jiwa kita dibesarkan oleh SMADAPALA! 😀

Cek posting asal njeplak saya tentang BMW di sini https://freemindcoffee.wordpress.com/category/kumis-hitler/ dan untuk chit-chat ngobrolin BMW silakan ngangkring dimari https://fb.com/groups/bimmerfan.mataraman

Advertisements

One thought on “50-80

  1. Bagus dan lengkap banget pencerahannya om… Jozzz. 🙂

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s