Terima Kasih Etika, Saya Rakus

Belakangan ini pengguna fesbuk banyak berbagi berbagai viral, baik foto maupun video yang inspiratif. Baik viral kelas berat maupun kelas ringan, semuanya saya pandang tetep inspiratif. Lumayan buat menenggelamkan posting-posting dan berbagai status pengerucut kebencian, penyempit konsepsi agama, dan pengekslusif golongan manusia.

Termasuk viral tentang “keseharian” di bawah ini. Pesan-pesannya sungguh mulia, mengena, dan sesuai banget dengan kondisi kekitaan di sini, di manapun di penjuru Indonesia juga mestinya. Apa mungkin karena postingernya saya deteksi berasal dari India yang notabene satu kultur ketimuran dengan kita ya?

Ah apapunlah… Yang jelas, sekali lagi, viral ini sungguh luar biasa sederhana namun luar biasa menyentuh (dan menampar) saya. Menyentuh (dan menampar) saya, namun membuat saya terus merasa menjadi manusia.

Cuman satu yang bikin saya malah jadi gimanaaa gitu.

Itu salah satu pesen bilang, kalo kita usai minjem mobil seseorang, isilah tankinya penuh sebagai ungkapan terima kasih.

Ini bikin perih kalo ada yang minjem dan nge-full tank BMW seri gedhe (seri 5 atau 7).

Tanki bensin rata-rata sedan biasanya cuman 65 litres (termasuk cadangan/sisa, biasanya full-tank cuman 50 litres). Malah mobil-mobil yang lebih kecil lagi biasanya cuman 45 litres (termasuk cadangan/sisa, biasanya full-tank cukup 30 litres). Nah BMW seri gedhe, full tank-nya 80 litres! 😀

Makanya kadang kalo ada temen-temen pinjem badak seperti biasanya –alhamdulillah badak jelek-jelek gini suka dipinjem temen-temen dan saya suka itu karena mesinnya bisa anget ketimbang harus terus-terusan bubuk di kandang– senantiasa saya pesenin, “Bensinnya biarin aja apa adanya…. Ndhak usah pake diisi (=ditambahi)…”

Soale pernah dulu ada temen abis minjem si badak biru, pulang-pulang bilang dengan penuh rasa sungkan tapi penasaran, “Mas, ini tankinya berapa siy isinya? Saya isi koq cuman naik separoh doang…”

Saya ketawa aja. “Isinya dua kali lipat rata-rata mobil umumnya Mas…”

Paling kalahnya cuman sama SUV gambrot-gambrot gitu aja ini mobil.

PERNAH juga pas isi BBM di SPBU, saya sampe didatengin supervisior SPBU. “Maaf Mas, isinya koq banyak banget ya?”

Saya bilang, “Jangan khawatir Mas, saya ndhak nyolong pake selang ke tanki tambahan koq…. Ini emang full tank-nya 80 liter…”

Mas supervisiornya saya liat kayak masih belom percaya. Dan beliau nungguin saya sampe selesai isi bensin. Mungkin nungguin kali aja sangkaannya saya nyambung pake selang ke tanki tambahan beneran terbukti dan sambungan selangnya bocor sehingga saya bisa langsung dicekal.

Dan ternyata tetep tak terbukti sampai beliau kami tinggalkan tetep dengan wajah masih ndhak yakin.

Cek aja di berbagai sumber kalo ndhak percaya kalo ini tanki sedan emang 80 litres! 😀

– FHW
rakus.

Sumber viral https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=843848985712862&id=334718749959224

2 thoughts on “Terima Kasih Etika, Saya Rakus

  1. Wahaha bisa tekor juga ya kalo fulltank bmw om freema

    Like

Leave a Reply

