Badak Biru: Pensiunan Tentara

Kami rapat keluarga.

Adik: “Badak biru kita restorasi yuk?”

Saya: “Jangan, kondisi jalanan sekarang udah beda banget dengan lima taon kemarin pas kita ngangkat badak V8 ini. Kemarin mesin V8 sungguh nyaman dipakai SEHARI-HARI: pergi dari Kediri ke Blitar jam berapapun, apalagi dibawa ke Jakarta overnight driving.

Sekarang jalanan sungguh rame, kendaraan sungguh sesak. Kita hanya bisa optimal pake badak kala tengah malam doang, itu pun musti di lintas luar kota.

Dulu Kediri – Blitar average sejam bahkan kurang, sekarang bisa dipastikan setidaknya 1,5 jam bahkan lebih. Jalan malam juga ndhak njamin lancar. Mending anggaran restorasinya kita belikan kendaraan lain yang lebih efisien, namun tetep nyaman.”

Akhirnya setelah rapat keluarga memutuskan, jadilah anggaran restorasi badak biru V8 digeser buat nebus sebuah Audi A4(B5), lawan pasar dari BMW Seri 3 E36 atau Volvo S40 atau Mercy C-Class.

Mesinnya si Audi A4(B5) ini tetep V-configuration siy, V6 2.6litres 150hp. Tapi konsumsi BBM-nya beda lumayan signifikan dibanding badak biru buluk jadul purba tua bangka ini. Mirip dengan FC (fuel-consumption) rata-rata E36 323i yang masih bisa dapet 1:11 liter/km rata-rata luar kota.

Terlebih lagi, ruang kabin Audi lebih lega ketimbang E36. Karena Audi pake penggerak depan (FWD – front wheel drive) dan tidak merancang kendaraannya punya weight-distribution 50:50 yang menjamin stabilitas handling khas ala BMW, maka Audi ndhak bingung harus memanjangkan moncong dan memundurkan kabin ala BMW/Mercy yang bikin space kabin terpangkas.

Khas kendaraan yang murni dirancnag untuk fungsionalitas, moncong dibikin secukupnya, sehingga ruang kabin bisa lebih maju ke depan.

Dengkul penumpang belakang jadi jauh lebih nyaman di Audi A4 ketimbang BMW E36. Mungkin di Volvo bakal lebh lega lagi, soale mesinnya Volvo transversal/melintang, so moncongnya bisa dibikin lebih pesek lagi dan kabinnya bisa punya ekstra space lagi ketimbang Audi yang mesinnya masih longitudinal dan makan space.

(Kata rekan-rekan Volvo, Volvo 850 yang FWD dengan mesin transversal space kabinnya berasa lebih lega ketimbang 940/960 yg RWD/rear wheel drive dan mesinnya longitudinal).

Si badak biru V8 ini kini akhirnya jadi veteran perang. Bukan, tepatnya mungkin pensiunan tentara, belom veteran. Masih bisa kickdown, kabinnya masih senyap, dan interiornya masih kami jaga sekuat tenaga; tapi tugasnya tak seaktif kemarin-kemarin, saat kami menghabiskan kurleb 100rb km perjalanan dalam lima taon kisah kasih bersamanya.

Kelak, kalo ada duit, badak biru tetep bakal kami restorasi, tapi pindah fungsi telak. Kalo sebelomnya kami beli demi fungsi/penggunaan sehari-hari, kini mungkin bakal sekedar jadi barang koleksi yang kami gunakan sesekali.

Tapi dengan munculnya tol baru Cipali, dan Pejagan-Pemalang yang rencananya taon depan kelar, kini sebenarnya harapan dan semangat hidup si badak biru tumbuh kembali di dalam diri kami.

Kalo udah ketemu tol, BMW seperti katak ketemu kolam, seperti ketemu habitat hidupnya. Optimasi tingkah polah dan kelakuan(power)nya bisa dimunculkan kembali.

Yakh, liat aja nanti… Lets see aja. Ini semua ndhak kami planning, ngalir aja segimananya nanti. Soale urusannya dengan anggaran yang lumayan tinggi.

Yang pasti, saban hari kini saya rutin bawa motor buat ke sana-kemari. 😀 Hehehehehe…

– Freema HW,
Supir badak biru buluk besret-besret baret-baret mblegadhus akacadut tua jadul purba V8 Kediri, badak biru yang (bagi kami senantiasa tetap) luar biasa selamanya.

*Tentang si Badak Biru V8 pencet di sini.

NOTE: Badak sebenarnya adalah nama yang diberikan oleh Cak Rizal kepada BMW Seri 5 E34 M30 535i-nya yang kebetulan juga berwarna biru. Entah kenapa entah gimana ceritanya nama ini kemudian jadi julukan generik buat BMW Seri 5 E34.

Advertisements

2 thoughts on “Badak Biru: Pensiunan Tentara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s