Manajemen & Wirausaha

Ini tentang sebuah mimpi. Saya pingin bikin buku: memahami manajemen & wirausaha secara sederhana. Dengan konten hal prinsipal-konspetual yang dipadupadankan dengan berbagai kisah nyata dalam kehidupan, disajikan sesederhana mungkin tapi se-explaining mungkin.

Karena dalam beragam perbedaan menentukan visi – misi – STP – 4P, dll.nya, baik perusahaan sekelas Ford, General Motor, Mercedes-Benz, Toyota, Samsung, Asus, Apple, atau warung mbok Darmi dan kios bu Lastri pasti punya steps, staging, dan scope yang senada dan senuansa. bahkan mungkin parameter dan indikator-indikatornya.

Mungkin perbedaan mereka hanya terhadap angka-angka dan faktor-faktor yang dikelola belaka.

Sasarannya untuk anak-anak SMP/SMA. Visualisasinya semacam komik, atau diagram-explanation, atau metode appaun yang sekiranya sangat mudah untuk dipahami dan memberikan pemahaman. Dengan kemasan/visual buku yang menarik namun bisa dijual semurah mungkin, dengan harga serendah-rendahnya.

Tujuannya agar kelak mereka berani berwirausaha, agar semakin banyak bibit baru generasi wirausahawan.

Dan agar mereka bisa berwirausaha dengan manajemen yang kokoh, punya visi yang kuat, punya misi yang jelas, punya tujuan yang pasti, dan punya strategi yang mumpuni.

Sekecil apapun itu yang dilakukan!

Dan agar kelak sesiapa yang berani menjadi wirausahawan, mentalnya bisa terbangun kokoh sekalipun pendapatannya jauh di bawah bayaran karyawan yang bekerja dengan perasan otak dan keringan – dengan tingkat kecapekan yang sama antara satu dengan lainnya.

Sebab Indonesia masih butuh wirausahawan 10 kali lipat lagi. Dan sebab wirausaha akan menghidupkan sektor (riil) apapun lainnya semuanya.

Dan sebab rasulullah itu juga seorang pengusaha. Contohnya aja udah sosok yang luar biasa, dan sosok luar biasa itu juga ngasih contohnya.

Dan sebab bangsa-bangsa hebat di muka dunia ini banyak juga dibentuk dengan iklim kewirausahaan. Sebutlah Jepang, China, Korea, mana saja. Indonesia tentunya pastinya. Tinggal diperkuat dan dimunculkan.

ADA yang bersedia memberikan masukan ide, pertanyaan, kritikan, referensi, dan dukungan serta apapun masukan lain? Atau ada yang bersedia menjadi tim kerja dan kita berkolaborasi secara online?

Jika Anda mendukung dan kepada semuanya saja tanpa terkecuali: plis setidaknya berikan doa untuk saya. Saya sangat mau mengemis jika itu adalah mengemis doa kepada siapapun, kepada siapa saja, kepada Anda semua.

Dan maaf, saya tak bisa membalas kebaikan budi dan doa Anda, kecuali doa balik kepada sesiapapun Anda semuanya; agar apa yang Anda lakukan, baik belajar atau bekerja atau mengurus rumah tangga terlebih mengurus negara dan peradaban umat manusia senantiasa sukses dan selalu berada di jalan yang benar dan lurus; yakni jalan orang-orang yang telah Dia beri nikmat, bukan jalan orang-orang yang Dia murkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sesat.

Entah bisa terwujud dan terlaksana atau tidak, saya hany abisa terus memegang impian ini tetap tumbuh dan ada. Dan saya tidak punya target, yakni target proses dan pencapaian/hasil, termasuk target waktu dll. Saya cuman akan mengalir sekuatnya.

Dan inilah kenikmatan proses dan pencapaian, ketika semua bisa mengalir apa adanya, bukan adanya apa.

Bismillahitawakaltu, nawaitulillahitaala, allahuma aamiin.

– Freema HW <freema97@yahoo.co.id>
Petani dan pengecer jasa ide pada Awindo Creative.

Ref:
Pencetakan Kustom
(Mari Membaca) Buku
Toko Daring
Entrepreneur – Wirausahawan
Risk Taking
Goal, Antara Proses dan Hasil
Man Behind The Gun
Masa Sulit

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s