5

Ini semua preferensi (=selera) saya pribadi. Diantara berita beredar tentang dunia otomotif, khususon berita tentang BMW tentunya, saya pribadi paling kurang suka mengikuti berita spyshot, atau lebih luas tebakan model mobil baru yang akan keluar.

Saya suka ngikuti, dan sedikit menyeriusi, berita model BMW yang barusan dirilis.

Bukan hanya mengagumi keindahan dan keotentikan desain barunya yang tetep mempertahankan soul lama atau keganasan perkembangan teknologi mesinnya yang selalu saja bikin wow dan turut terdepan menjadi pioner perubahan;

melainkan juga mengikuti sisi kerennya manajerial korporasinya: bagaimana mereka menentukan (karakter)produk, bagaimana mereka mempertahankan dan mengembangkan pasar, bagaimana mereka menjalin komunikasi dengan kustomer dan audience, termasuk bagaimana mereka menjaga kultur dan dinamisme korporasi, bagaimana mereka berinteraksi dengan kompetitor atau komplementor, dll.

Yang sisi manajerial gini yang sering lewat dari headline dan kupasan media otomotif; hanya sedikit dikupas di media bisnis; dan bahkan nyaris tenggelam dan bisa dikata serasa tak pernah dibahas di berbagai forum penggila, penggemar, dan pecandu BMW. Kecuali kita mau menggali, meramu, dan mengembangkan kupasan dan bahasan manajerial ini lebih intens sendirian.

Dengan kalimat yang sederhana: desain, spesifikasi dan beragam fitur teknis, fitur-fitur kenyamanan & keselamatan, serta aksen-aksen kosmetikal – pilihan warna, aksentual velg, dll. mencerminkan jitunya keputusan manajerial untuk tetap mempertahankan loyalitas konsumen dan terus mengembangkan kekuatan pasar pabrikan tjap baling-baling putih-biru ini.

Sementara mengikuti berita spyshot itu saya rasa cuman menghasilkan penasaran yang garing. Tidak membuat greget apalagi inspirasi bagi saya pribadi. Terlebih ada rumor, konon spyshot kadang disengaja dirilis untuk memanaskan pasar sebelum si produk di-launching beneran.

TAPI kali ini saya takluk, ada dua berita spyshot tentang BMW yang saya baca sampe tuntas. Pertama tentang BMW G30 sang penerus Serie-5 F10. Kedua BMW i5, rencana model sedan untuk golongan BMW elektrik. Sementara kita bicara untuk Serie-5 dulu.

BMW Serie-5 G30

Bukan tebakan modelnya yang membuat saya tertarik, melainkan beberapa kabar-kabur tentang Seri-5 yang rencananya jadi model 2016 ini. Berikut lima kabar tentang Seri-5 mendatang ini.

1. Platform

BMW Serie-5 G30 ini kabarnya dirancang dengan platform yang sama sekali baru.

Platform baru ini diramu dari unsur baja, alumunium, dan serat karbon untuk memangkas berat hingga sekitar 80 kg. Rancangan baru ini dinamai dengan CLAR – Cluster Architecture. Super-sederhananya ini adalah platform yang punya submodul yang bisa dirakit-rakit sesuai kebutuhan. Platform baru akan bisa dipasangi komponen kaki-kaki atau penggerak dari lintas seri.

Untuk bakalan M5, rumornya malah lebih enteng 180 kg bobotnya. Dengan mesin yang tambah buasss: 600 hp dari ‘luweng’ (ruang bakar) 4400 cc V8. Isunya M5 G30 ini bakal tersedia juga dengan penggerak AWD.

2. Mesin Tiga Silinder

Kabarnya G30 menggunakan mesin tiga silinder dari keluarga mesin modular rancangan lumayan terbaru dari BMW. Ya, sejak hadirnya BMW-i, keluarga BMW elektrik, BMW memang mengembangkan mesin modular kelipatan 500 cc. Beberapa komponen yang sama digunakan ke beragam kubikasi mesin.

Untuk mesin 3 silinder 1500 cc, maka akan pakai 3 set piston modular tsb. Mesin 4 silinder 2000 cc akan menggunakan 4 set piston modular tsb. Dan mesin 6 silinder 3000 cc akan menggunakan 6 set piston @500 cc tersebut dengan 60% parts yang sama pada beberapa varian silinder tersebut.

Tentu ini merupakan langkah hemat ongkos produksi dan pengembangan, sementara kemampuannya sudah didukung sepenuhnya oleh teknologi terkini, baik teknologi rancang-bangun maupun pabrikasinya.

Versi tiga silinder hadir pada varian 518d dengan 150 hp. Mesin ini cuman menenggak seliter bahan bakar diesel untuk jalan sejauh 30 kilometer! Tapi ini juga cuman lebih panjang sekilometer saja dari Seri-5 paling efisien yang sekarang masih sedang diedarkan.

Mesin empat silinder (tentunya 4 x 500 cc = 2000 cc) di G30 ini kabarnya akan jadi varian 520d dan 525d dengan 231bhp 525d. Sementara versi tertinggi di empat silinder ini akan jadi varian bensin 528i dengan 272bhp.

3. Suspensi

Nah, berhubung Seri-5 yang ini berplatform CLAR dan merupakan pertengahan seri 3 dan 7, maka kubikasi mesin juga akan menentukan suspensi yang dipakai.

Pada G30 ber-cc kecil, maka di depan akan dipasangkan suspensi dari seri 3 terbaru. Sementara untuk G30 dengan enam atau delapan silinder akan dipasangi suspensi milik seri 7 di depan.

4. Surga Penggila Inline-6

Meski ini semua adalah tren perampingan, penggila mesin inline-6, mesin yang terkenal paling bertenaga sekaligus paling stabil, akan terpuaskan dahaganya di G30 ini.

Sederet pilihan inline-6 akan membentang di depan mata:

  • Bensin 530i – 333bhp dan 540i – 375bhp; dan
  • Diesel 530d – 286bhp, 535d – 333bhp, atau
  • M550d – 400bhp yang slentingannya bakal dicangkoki empat gangsing turbo! :O

Versi hybrid kabarnya bakal ditawarkan juga, termasuk versi plug in-hybrid dengan diskonan harga charger-nya, yang mana charger-nya sendiri juga dirancang baru dan cukup diletakkan di atas lantai garasi sehingga bisa ngecas mobil dengan sistem induksi! :O

Kayak ngecas hape model sekarang! :O

5. Teknologi dan Gadget

BMW Seri-5 G30 ini bukan hanya bisa parkir sendiri (autoparking), tapi juga bisa pindah jalur atau nyalip kendaraan di depannya demi kepentingan si supir.

G30 akan menggunakan cruise-control berbasis radar untuk menjaga lajunya tetap pada jalurnya (lane keeping), mendeteksi kendaraan di depannya, dan ngeluarkan sinyal peringatan ke supir sebelum memutuskan pindah jalur atau nyalip tadi.

Rancangan sistem elektronis di G30 juga akan dirancang tahan hingga masa depan, salah satunya berkat kemampuan pemutakhiran jarak jauh remote-update untuk sistemnya. Yaaa seperti mengupdate versi iOS atau Android di ponsel kita gitu.

Alamakjaaang!

Via BMW 5-series (2016): new G30 Five scoop dossier by CAR Magazine BMW 5-series (2014) CAR scoops the new exec express.

—————————————
MEMILIH BMW – THE SERIES

Untuk ulasan, diskusi santai dan chit-chat silakan login ke sini http://www.facebook.com/groups/323699264381705

Memilih BMW Pt. I https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/04/11/memilih-bmw/
Memilih BMW Pt. II https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/05/01/bimmer-the-series-memilih-mobil-pertama-kita/
Memilih BMW Pt. III https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/06/08/bimmer-the-series-memilih-bmw-pt-iii/
Memilih BMW Pt. IV https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/06/23/bimmer-the-series-m5-murah-meriah-mewah-mangstabs-maknyusss/
Memilih BMW Pt. V https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/06/27/bimmer-the-series-sebuah-bmw-tua/
Memilih BMW Pt. VI https://freemindcoffee.wordpress.com/2012/01/14/bimmer-the-series-bmw-e36-318i-vs-320i/
Memilih BMW Pt. VII https://freemindcoffee.wordpress.com/2013/04/24/bimmer-the-series-alhamdulillah-thanks-allah/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s