BMW X7


– Foto ilustrasi dari internet.

BMW X7 adalah model mendatang sport-utility-vehicle BMW. Pada bulan Maret 2014, BMW mengkonfirmasi bahwa X7 akan diproduksi dan mungkin sekaligus akan dijual pada tahun 2018.

BMW X7 akan dibikin di pabrik BMW US Manufacturing Company di Greer, South Carolina.

BMW X7 punya tiga baris bangku, tidak seperti umumnya mobil-mobil BMW yang hanya punya dua baris, atau tiga barisnya cuman opsional.

BMW X7 dibikin di atas platform yang sama dengan X5 dan X6.

BMW X7 digadang-gadang bakal menjadi X-Series pertama BMW dengan dapur pacu V12.

Pertinyiinnyi: ini X7 akan bertarung melawan siapa?

Kalo Range Rover, secara dimensional dia to-close dengan X5, dan sama-sama default-nya 5 seater (meski ada opsi 7 seater di X5, mungkin tepatnya 5+2 seats) dengan wheelbase sekitaran 2,8 meter.

Klasifikasi ini juga diisi oleh VW Touareg atau Porsche Cayenne atau Mercedes GLE (dulu ML-Class) atau atau Lexus LX/Toyota Land Cruiser yang masuk kategori mid-size SUV.

Mestinya, X7 bakal berduel maut dengan Audi Q7 atau Mercy GL-Class atau Toyota Sequioia yang memang masuk kategori full-size SUV. Mereka adalah barisan SUV dengan wheelbase sekitar 3 meter.

Apakah pasar full-size SUV ini bener-bener gurih hingga BMW sampe memutuskan sebegitunya mau bikin X7, mengingat teramat jarang pabrikan punya kategori ini?

Bahkan di Amerika, kategori full-size SUV ini biasanya diisi dengan model yang berbasis pickup-truck, bukan model yang dibuat secara independen/ndhak punya versi pickup-truck seperti misalnya Audi Q7 atau mercy GL-Class, meski biasanya tetep juga berbagi platform dengan model lain dalam satu/antar pabrikan.

Mercy GL-Class rasanya juga ndhak terlalu kondang kiprahnya. Mungkin cuman Audi Q7 yang agak lumayan dengung-dengung berita perjalanan hidupnya.

BMW biasanya sering berdiri di depan menjadi trend-setter. BMW yang pertama membuat compact-sport-sedan Seri 3 yang membuat Mercy berbegas menciptakan W201 untuk mengikutinya,

BMW yang awal-awal membuat hatchback sport, sehingga Mercy A-Class pun sampe diubah bentuknya dari “mini hatchback MPV” ke model hatchback yang lebih sporty.

BMW juga yang dengan gilanya memunculkan model coupe-SUV dengan gebrakan BMW X6. BMW menyebutnya model ini sebagai SAC – sport activity coupe (sementara model lain disebut dengan SAV – sport activity vehicle, bukan SUV – sport utility vehicle pada umumnya, yang mana SUV biasanya punya kepabilitas offroad yang lumayan mumpuni.

Range-Rover kemudian ikut-ikutan dengan meluncurkan kategori senada namun dengan klasifikasi lebih kecil: Evoque.

BMW X6 ini juga yang membuat Mercy gatal hendak menghantamnya dengan GLE-Coupe yang masih simpang-siur timbul-tenggelam kabar dan kiprah eksistensinya itu.

Cuman BMW emang kalah duluan untuk merilis model grand-coupe. Mercy yang itungannya mengawalinya dengan model CLS. Namun Audi yang memanaskan pasar kategori ini dengan Audi A7. BMW baru ikut bertarung dalam kategori ini beberapa tahun kemudian dengan 6-Series Grand Coupe.

***

Model-model teknis kendaraan-kendaraan tersebut memang banyak yang bukan penemuan baru. Sejak jaman jebot, kadang beberapa model keluar mainstream gitu udah ada. Hanya sambutan pasarnya mungkin baru-baru saja muncul belakangan saat beberapa pabrikan memunculkan ulang (dengan berbagai penyempurnaan) dengan timing peluncuran yang pas.

So, gimana dengan kiprah X7? Let’s see aja šŸ˜€

ā€”ā€”ā€”ā€”ā€”ā€”ā€”ā€”ā€”ā€”ā€”ā€”ā€”
MEMILIH BMW ā€“ THE SERIES

Untuk ulasan, diskusi santai dan chit-chat silakan login ke sini http://www.facebook.com/groups/323699264381705

Memilih BMW Pt. I https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/04/11/memilih-bmw/
Memilih BMW Pt. II https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/05/01/bimmer-the-series-memilih-mobil-pertama-kita/
Memilih BMW Pt. III https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/06/08/bimmer-the-series-memilih-bmw-pt-iii/
Memilih BMW Pt. IV https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/06/23/bimmer-the-series-m5-murah-meriah-mewah-mangstabs-maknyusss/
Memilih BMW Pt. V https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/06/27/bimmer-the-series-sebuah-bmw-tua/
Memilih BMW Pt. VI https://freemindcoffee.wordpress.com/2012/01/14/bimmer-the-series-bmw-e36-318i-vs-320i/
Memilih BMW Pt. VII https://freemindcoffee.wordpress.com/2013/04/24/bimmer-the-series-alhamdulillah-thanks-allah/

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s