VAG The Series: Belilah BMW!

VAG adalah singkatan dari VW-Audi Group. Sebuah holding (induk perusahaan) yg menaungi beberapa merk di bawahnya, antara lain Volkswagen/VW Passenger Car, VW Commercial Vehicle (jadi antara VW Beetle, Passat, Golf, Polo dengan VW Transporter/Caravelle itu sudah beda manajemen), Audi, Porsche, Skoda, Seat, termasuk sekarang Lamborghini dan motor Ducati.

Saking terkenal dan populernya pabrikan ini di Eropa sono, dihitung dari akumulasi total kendaraannya dengan sebaran merk itu semua tadi, sebuah situs penjualan perangkat pendukung/oprekan elektronikal otomotif dari Eropa sampe memiliki menu khusus: VAG Tools.

Sementara untuk merk/pabrikan lain dikategorikan menurut klasifikasi tiap tools, misal tools untuk ECU, tools untuk immobilizer, tools untuk key+chip, dll.

Sayangnya, di Indonesia kondisi ini berbalik 180°. VAG Group yang dulu sudah kondang dengan VW Beetle atau Safari bersama Mercy dan Vespa, bahkan sebelum BMW kondang di negeri ini, kemudian tenggelam bersama masa.

Belakangan ini VAG Group mulai kembali bangkit. VW Caravelle, Golf, Polo, Beetle, beragam jenis Audi mulai sedan (A-Series) dan SUV (Q-Series) pun Porsche tentunya mulai turut menyesaki jalanan persilatan premium-car bersama BMW dan Mercy yg merajai.

Hanya saja, meski mulai banak populasinya, perangkat/tools pendukung oprekan/kelas bengkel namun dalam menu ‘kaki-lima’ masih sangat kurang populasinya.

Kita jamak mendapati bengkel yang sanggup ngoprek ECU atau immobilizer BMW atau Mercy. Namun belakangan ini, saya (mendapati bengkel spesialis ginian) sungguh kesulitan mengatasi nge-lock-nya immo Audi (nanti saya kisahkan di lain post).

Untuk spesialis parts teknikal memang ada dan rata-rata parts tersedia. Kalo toh inden juga masih bisa dinanti secara relatif wajar.

Bengkel yang bisa menangai persoalan teknisnya juga ada saja. Meski harganya kadang kurang bersahabat dibanding merk premium lainnya. Menangani beberapa perbaikan teknis VAG kadang memang berbeda dengan merk premium lainnya siy…

Pola konstruksi pada beberapa kompartemen VAG, Audi khususnya dalam hal ini, sungguh berbeda. Jika Mercy atau BMW bermesin membujur/longitudinal memiliki throttle-body/valve di bagian depan, mesin membujur Audi memiliki throttle-body/valve di sisi belakang!

Jika pada BMW mau ngganti thermostat+housing cukup langsung dibuka, di Audi kita harus melepas panel depan yang itu gabungan bumper+lampu dan beberapa kover mesin. Soale tempatnya nyelempit, ribet.

Di beberapa case elektrikal, semacam key-chip atau modul immobiliser, untuk BMW – Mercy relatif banyak tersedia, entah baru atau copotan. Tinggal diprogram ulang untuk dipasangkan pada mobil yg mau dipasangi.

Di Audi, parts ginian statusnya langka! Gampangnya ngomong: belom tentu parts tersedia/ada yang mau nyetok.

Singkatnya demikian. Sekali lagi, intinya, dalam case pada electrical/computerized dan beberapa case tertentu, kondisi VAG di sini masih belom bisa kita pandang sama dan setara dengan kondisi ngoprek BMW/Mercy.

Meski kata banyak orang menangani mobil Eropa itu ribet dan rumit, bagi beberapa kalangan tertentu yang sudah memahami dan mengenalinya, itu sungguh sedemikian wajar dan sama mudahnya dengan menangani mobil Jepang.

Tapi untuk Audi, pikirlah lagi jika Anda meliriknya. Siapkan mental berlebih-lebih lagi dibanding surplus mental untuk miara BMW, sebab kadang urusannya bukan sekedar kesiapan duit belaka.

Melihat komparasi yang saya alami ini, kerasa banget jika motubmwa BMW itu adalah mobmwil tua bmwangka yang luar bmwiasa nan tak pernah bmwisa bmwinasa! Harga perolehannya relatif murah, perawatanya masih relatif mudah, dan value-nya: kenyamanan dan kemananan -dan kesenangannya juga- masih bisa kita dapat dengan sempurna. Mengalahkan banyak mobil Jepang dengan komparasi angkawinya yang masih berlipat nominalnya.

Jadi, jangan beli Audi, apalagi mobil Jepang. Beli BMW saja. Sumpeh enak dan worthed!

*Nanti saya saja yang koleksi Audi*
*Ngarep A8 D3 Transporter* 😛

Hehehe…

– Freema HW,
Immobilizer otak ane lagi kedip-kedip. Hiks…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s