Entrepreneur – Wirausahawan

Becermin dari seorang wirausahawan kolega saya;

seorang wirausahawan itu bukan gagal karena modalnya ludes, usahanya tutup, bisnisnya kolaps, project-nya hancur, hartanya amblas, segalanya tiada tersisa.

Seorang wirausahawan itu akan gagal jika semangatnya (untuk bangkit kembali) sirna.


“The impossible is often the untried.” – J. Godwin –

Menjadi wirausahawan itu memang maha berat. Sebab sekecil apapun wirausaha para wirausahawan, mereka harus berjuang dalam ketidakpastian.

Harus jeli merangkai proyeksi, namun tetap tidak akan pernah bisa membuat kepastian.

Harus punya skill teknis, sekaligus punya kemampuan prinsipal-konseptual.

Tidak perlu tahu banyak tentang banyak hal memang, sudah ada pakar dan ahlinya ada masing-masing bidang. Namun wirausahawan memang harus tahu tentang banyak hal meskipun itu tahu sedikit; dan tahu banyak pada sedikit hal sekaligus. Artinya, dengan kata lain, meski benar-benar menguasai bidangnya.

Kaum wirausahawan memang akan berpikir berbeda. Mereka kaum wirausahawan sejati pasti (ya, pasti) merupakan kaum yang berani mengambil risiko (risk taking). Tanpa keberanian mengambil risiko, dunia tidak akan jalan.

Jika yang lain lebih memilih main aman, kaum wirausawahan memilih berhitung, memperhitungkan sematang mungkin, dan bergerak. Bergerak adalah keputusan tertinggi. Sebab gagal atau berhasil hanya bisa diketahui setelah semua dijalani.

Wirausahawan tidak pernah mengenal (kata) hambatan. Mereka hanya mengenal (kata) tantangan. Tiada keberhasilan tanpa tantangan. Dan ‘kegagalan’ adalah tantangan itu sendiri.

Inilah yang membuat mereka kaum wirausahawan kadang terbiasa mengatakan sanggup ketika seluruh dunia mengatakan tidak.

Inilah yang kemudian wirausahawan secara prinsipal akan terdepak dari kakunya birokrasi, feodalnya struktural, pekatnya organisasi yang tidak sistemis.

Wirausahawan terbiasa dituntut melayani dunia, terbiasa dituntut mencarikan pemecahan/solusi persoalan meskipun mereka sendiri bukan pemberi pemecahan persoalan. Sementara mereka bahkan bukan penuntut kondisi dan keadaan.

***

Bukan merupakan kesombongan, tapi merekalah para wirausahawan yang akan tampil menjadi pahlawan bagi dunia: menunjukkan hasil dari sebuah hipotesis. Entah hasilnya sesuai dengan hipotesis atau berbalik dengan hipotesis, nyatanya mereka menunjukkan.

Itulah yang kemudian membuat perusahaan-efektif akan membangun iklim intrapreneurship di dalam organisasinya: menjadikan para karyawannya bekerja layaknya wirausahawan. Longgar dari kekakuan birokrasi, cair dalam struktur, namun memegang teguh goal dan pencapaian.

Hanya bedanya, wirausahawan mengejar pencapaian, perusahaan mengejar target. Target adalah hal paling melemahkan dalam pencapaian. Anda boleh percaya boleh tidak 😀

***

Sesiapapun bekerja dalam ketidakpastian, sekiranya mereka semua adalah wirausahawan.

Wirausahawan adalah sintesa dari pemikiran dan uji langsung untuk membangun kenyataan. Kenyataan pahit atau manis, itu urusan belakangan. Sebab dari kenyataan itulah dunia bercermin.

Baik melalui pujian atau cacian, sesungguhnya dunia bercermin kepada mereka: para wirausahawan.

Dan yang terpenting: wirausahawan harus bisa menjaga nyala semangatnya meski seluruh lilin, lampu, rembulan, bintang, bahkan matahari dan seluruh penerangan di dunia ini padam!

Yang artinya, nyala semangatnya harus tak boleh pernah terkalahkan oleh apapun.

Ia boleh saja percaya dan bersandar pada apapun, namun satu-satunya sandaran paling benar dalam perjuangannya hanyalah Tuhan yang maha esa.

Freema HW
– Kontemplasi dalam perjalanan hari, bercermin dari perjalanan rekan-rekan dan para kolega saya; para wirausahawan nan luar biasa. Yang belum tentu selalu berhasil serta terkadang juga hancur lebur pecah berkeping, namun nyala semangat mereka begitu menerangi hati dan jiwa saya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s