Menurunkan Barang: Ketepatan, Kepercayaan, Ketenangan

Team Work

Ketika beberapa orang mengangkat benda berat bersama, dan mereka memang sanggup mengangkatnya; yang jadi masalah mungkin bukan apakah benda itu terangkat atau tidak. Karena kalau kondisinya sudah terangkat atau mereka siap mengangkat, berarti memang ada kemampuan untuk hal itu.

Yang jadi masalah mungkin bukan perbedaan tenaga diantara mereka; karena yang tenaganya gedhe biasanya akan mengangkat dalam luasan angkatan yang lebih luas. Sederhananya, tangannya akan menggenggam titik angkatan lebih melebar lagi. Dan yang tenaganya imut mungkin akan berfokus pada cakupan titik angkatan yang lebih sempit. Dan perbedaan tenaga yang ekstrim mungkin tidak akan membuat proses khusus semacam angkat-angkat barang tersebut terlaksana karena prosesi tersebut mempersyaratkan kondisi tertentu, setidaknya minimal kekuatan/tenaga si/para pengangkat.

Dan sebagainya.

Ketika beberapa orang mengangkat benda berat bersama, dan mereka memang sanggup mengangkatnya; yang jadi masalah mungkin bukan pada angkatannya, melainkan yakni jika mereka tidak pas dan tidak tepat saat harus bersama secara kompak dan serempak meletakkan benda berat itu, pada hitungan yang ditentukan misalnya.

Akan menimbulkan masalah jika belum pada hitungannya sudah ada yang duluan meletakkan atau ada yang terlambat meletakkan. Ini akan menimbulkan ketimpangan beban secara mendadak dan ekstrim, sehingga menimbulkan shock prosesional. Misal dari posisi barang yang tidak tepat sehingga berpotensi rusak atau malfungsi, atau akan muncul kejutan (shock) otot pada (sebagian) kru yang terakhir masih memegang/mengangkat barang.

Di sinilah, selain komando yang lantang, jelas, dan tegas/pasti/mengarahkan dari pemimpin/leader; juga sangat diperlukan komitmen, kepercayaan/saling mempercayai, skill, ketaatan pada prosedur/rule, dan konsentrasi serta ketenangan plus cadangan tenaga untuk menjalani proses yang berbeda namun masih dalam satu rangkaian tersebut oleh semuanya;

yakni proses mengangkat barang, dan proses menurunkan barang. Sebagai sebuah siklus atau mungkin fase.

Mungkin demikian.

IMHO, CMIIW.

Freema HW,
– Suka ngangkat barang, tapi yang ringan-ringan aja 😛

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s