Benarkah Masih Banyak Kemiskinan di Indonesia?


Apa perasaan Anda melihat foto ini?
– Gambar nemu dari internet.

Saat ini banyak perdebatan tentang angka kemiskinan. Ada yang bilang angka kemiskinan turun, ada yang bilang kemiskinan tetap merajalela bahkan meningkat. Entahlah…

Saya tidak ingin mengutarakan angka-angka di sini. Saya hanya sekedar melihat keadaan sekitar.

Rasanya kemiskinan di negeri ini ‘tuh cuman angka statistik doang buat nakut-nakuti kita atau sekedar buat komoditas politik belaka.

Saat kami mulai puyeng kecekik mikirin naiknya tarif listrik; bejibun manusia di sana – di sekitar kita masih sanggup membeli rokok, barang yang jika mereka tak membeli justru malah menyehatkan badan dan keuangan keluarganya.

Jika mereka sanggup membuang uang untuk membeli rokok, artinya kebutuhan hidup mereka sudah sangat tercukupi. Apapun kondisi hidupnya!

Jika memang miskin, kenapa masih membeli rokok? Kenapa duitnya tidak dialokasikan untuk kebutuhan utama?

Ah, kan mereka (maaf) kurang berpendidikan. Jadi mana ngerti tentang hal kayak gini?

Entahlah… Pasti pemerintah sudah melakukan upaya keras untuk membentengi (maaf) kaum miskin ini agar tidak membelanjakan uangnya yang (maaf) tak seberapa itu untuk membeli rokok, kebutuhan yang tidak perlu, dan pasti diarahkan untuk membeli kebutuhan primernya.

Kami kurang paham jelasnya tentang hal ini. Hanya dalam hati, jika ada kaum miskin yang masih merokok gini ditanggung hidupnya oleh pemerintah, rasanya koq aneh aja… Mereka ditanggung BPJS misalnya, tapi masih merokok. Koq enak ya?

Saya kurang tau apakah BPJS menolak klaim (khususnya klaim berkaitan ganggan paru-paru) dari kaum miskin yang merokok atau tidak. Hanya saja, dengan kondisi demikian tadi: banyak kaum miskin namun (mereka) masih sanggup membeli rokok, masihkah kita percaya dengan ‘kemiskinan’ yang merajalela di negeri ini?

Entahlah…

– Ibune Rahman,
Lagi ngelantur.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s