Mobil Eropa Dijual Alakadarnya?

Sebuah komeng pada fesbuk berkata:

“Saya test case pura-pura mau beli BMW. Kebanyakan dijual kondisi rusak. Entah dikit entah banyak. Yang punya ogah benerin. Kalau mobil Jepang (umumnya) dibenerin dulu, sehat, baru dijual. Beda…”

Bener. Well, soale gini, kenapa yang njual BMW ogah mbenerin:

Letsay:

  • Base price kendaraan = 60jt
  • Benah-benah = 30jt

Di pasaran, bakal susah mau dijual 90jt.

Dijual 70jt?

Bonyok dong sellernya 😀

Itulah kenapa akhirnya kondisinya dibiarkan aja, dijual apa adanya.

SUDAH jadi rahasia umum, kenapa mobil eropa dijual dalam kondisi apa adanya: ongkos/biaya mbenerinnya emang gak murah.

Apalagi mbenerinnya kalo disesuaikan dengan pola pandang yg high-expectation. Maksudnya, kalo cara mbenerinnya mesti perfek. Ndhak ala kadarnya.

Kalo dibenerin ala kadarnya, takutnya malah debatabel, kontroversial.

Pembeli akan menjatuhkan barang incerannya: mbenerinya gak benerlah. Mbenerinya gak tuntaslah. Mbenerinya ala kadarnya asal-asalanlah. Entahlah.

Sementara seller udah merasa bahwa mobil udah dibeneri sekuat tenaga dan biaya, bukan semaksimal kebutuhan atas dasar tuntutan keadaan (si mobil).

Nah ketimbang kontroversi, better dijual apa adanya. Mau beli ya monggo, kagak mau beli ya ndhak ada yg ngelarang, ndhak melanggar hukum, dan ndhak haram koq…

Beda sama mobil Jepang.

Ongkos mbeneri-nya murah.

Makanya banyak mopang yg dibeneri dulu, baru dijual.

KENAPA ongkos mbeneri mobil eropa mahal dan mopang murah?

>> Mobil eropa jarang ada parts KW level yg jelek, meski bukan berarti bebas sama sekali. Khususnya yang populasinya ndhak banyak. Sementara mopang part KW-nya mulai KW satu sampe KW enembelas.

Bisa murah to mbeneri mopang? Wong dipasangi parts KW enembelas. Ndhak usah KW, orinya aja juga gak mahal.

Koq bisa? Ini…

>> Mobil Eropa dari bayinya udah pake part spek tinggi. Bayangkan, shock E30 aja udah pake gas. Harga sejutaan – sejuta setengah per set.

Beda sama kijang, panther, seniyapansa. Shocknya ‘asal-asalan’. Serasa mobil buat bawa sapi bukan buat bawa manusia. 😛 Pisss! 😀

Makanya harga shocknya cuma seperlima bahkan lebih, dari shock mobil eropa per set. Shock kijang/panther cuman 250 rb udah dapet bagus. Tapi bagusnya versi standar mereka lho ya…

>> Ongkos kerja. Mobil Eropa mesinnya njlimet. Maklum, standar teknologi dan safety-nya tinggi. Buat mbongkar aja perlu jam kerja beberapa kali lipat dibanding mopang.

Beda sama mopang. Mesinnya kayak tamiya. 😛 Modal obeng sama engkol juga udah kelar dikerjakannya. Makanya jam kerjanya pendek, ongkos kerjanya murah.

Itulah kenapa mopang gampang diretofit sebelum dijual. Dan mobil Eropa lebih dijual apa adanya. Ketimbang dibenahi dulu habisnya gila-gilaan, sementara ntar harga jualnya ketinggian dan gak laku-laku. Bonyok.

Jadi, kalo Anda berburu mobil Eropa dan selalu dapet mobil yg menyimpan PR, saya tak mengatakan itu benar atau wajar. Saya hanya mengatakan: itu manusiawi sekali, dan sangat bisa untuk dimaklumi.

Dan kalo Anda berburu mobil Eropa, hanya cocok buat yg mikirkan nyaman dan aman. Sebab itulah sebenarnya yg Anda dapatkan dari sekian nominal yg Anda keluarkan berlipat ketimbang mobil Jepang, pada level harga yg relatif sama.

Sementara kalau Anda mencari mobil yg gampang banget dibenerin, murah ongkos ini-itunya, dan tak peduli sisi keamanan dan (terutama) kenyamanan: jangan pernah beli mobil (seken) Eropa.

Ketimbang menyesal. 😀 Hehehehe…

IMHO, CMIIW.

————————
Ref: Untuk ulasan, diskusi santai dan chit-chat silakan login ke sini http://m.facebook.com/groups/323699264381705

BIMMER THE SERIES
(Bimmer The Series) Harga Pasaran BMW Bekas Pt. I
(Bimmer The Series) Harga Pasaran BMW Bekas Pt. II
Mobil Eropa Dijual Alakadarnya?

MEMILIH BMW – THE SERIES

Memilih BMW Pt. I
Memilih BMW Pt. II
Memilih BMW Pt. III
Memilih BMW Pt. IV
Memilih BMW Pt. V
Memilih BMW Pt. VI
Memilih BMW Pt. VII

Posting-posting BMW https://freemindcoffee.wordpress.com/category/kumis-hitler/

Advertisements

One thought on “Mobil Eropa Dijual Alakadarnya?

  1. saya sudah melakukan tips poin 2 dan 3 untuk point 1 menyusul , Aerona

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s