(Bimmer The Series) BMW-E36 318i vs 320i

Insya Allah jd beli. Insya Allah ambil 320i/318i Om… Oh ya,sama konsumsi BBM ya Om. Hehe. THX BEFORE.” -PM Fajar ke saya-

BMW E36 Saloon/sedan

[Aka. Memilih BMW Pt. VI]

Kalo kelakuan ente demen ngebut ato bejek gas, mending 320i deh bro…. Bayangkan aja, mobil sekompak gitu dijejeli mesin 6 silinder 😀 Rasanya pasti gimanaaa gitu 😀

Kalo 318i buat yg orientasi irit. Cuma kata beberapa temen, rasanya kurang BMW gitu.Hahahaha… :))

BMW E36 318i

Tapi kalo ambil 318i, saran ane ambil yg udah mesin M43. Mesin M43 punya cc sama sama yg mesin M40. Bedanya, mesin M43 punya kompresi lebih tinggi dan punya injektor yg lebih presisi. Jadi hasilnya adalah: mesin sama-sama 1800 cc tapi dengan tenaga lebih gedhe dan konsumsi BBM lebih irit ketimbang M40! 😀

Lainnya itu, mesin M43 udah pakai rantai keteng (timing chain) bukan timing belt kayak M40. Efek teknisnya adalah, M43 kalo rantai ketengnya putus, piston nggak akan tabrakan sama klep pas bergerak liar gitu.

Ini beda sama M40. Efek teoritisnya, kalo timing beltnya putus, piston bisa bentrok sama klep dan mengakibatkan luka serius di jeroan mesin tersebut serta biaya rekoveri yang bikin pingsan 😀

318i M43 keluar setelah 1995 kalo ndhak salah. Cek aja pada box injektornya yg di atas blok mesin itu. Kalo M40 boxnya masih kotak rapi, yg M43 agar trapezoid gitu. Ati-ati sama STNK, samsat Jatim kadang ngawur nulis jenisnya… 😀

Cuma kalo ndhak salah, M43 318i cuma ada transmisi manual 😦 Ane blom pernah denger maticnya… Mungkin ada siy M43 matic, anenya aja yg kuper gk tau kali ya 😀 So, umpama bener M43 cuma ada manual, ya mungkin mesti dicoret kalo butuhnya ente matic bro…

Lagian biasanya, 318i harga pasarannya malah lebih mahal ketimbang 320i 😀 Biasa hukum pasar, 318i capnya kan irit, perawatan paling murah (yach, secara busi aja cuma 4 biji :D), dll. Makanya harga sekennya rata-rata malah paling terkerek karena banyaknya yg nyari 😀

BMW E36 320i

Kalo 320i, ini ane lebih prefer secara pribadi 😀 Biar lebih kerasa BMW nya gitu 😀

Dan meski 6 silinder, tapi karena bodi yg didorong cuma 1 ton-an (kalo ndhak salah 1,2 ton itu bodi E36, bayangkan E34 yg sampe 1,5ton lebih! :D) jadinya itu mesin ndhak perlu kerja terlalu keras…

Jadi secara teoritis, konsumsi BBM juga ringan…

Cuma 320i, kebanyakan yg beredar justru mesin M52… meski 1-2 biji kadang ada 320i M50 yg dijual. 320i M50 mesinnya persis kayak 520i E34. Dia ada yg udah pake Vanos, tapi di 320i kayaknya yg udah pake Vanos…)

Kalo M52, jelas langsung Vanos di sini… Hanya saja Vanos banyak dibilang teknologi yg kurang optimal memberikan pengaruh… Ada mungkin efeknya ngiritkan bensin, cuma nggak tahu seberapa bisa ngirit. Soale Vanos ini sistem kerjanya mekanis, pake tekanan oli…

Lain sama VVT-i (Toyota), VTi-L (Honda), VVT, dll. atau penyetel klep era 2000an yg sistem kerjanya udah elektris (untuk BMW kemudian menyebutnya dg Valvetronic :D), ini jelas jauh bisa ngirit bensin karena kerjanya dikontrol secara pake komputer 😀

Trus lainnya itu, M52 bahan silindernya nikasil kayak M60 pada 530i E34. Nikasil ini sebenarnya rentan pada sulfur… Tapi nyatanya banyak M60 dan M52 diisi premium gk ada yg kena pengaruh… Mungkin premium kita memang rendah oktannya, tapi udah bersih dari sulfur/plumbum (timbal) kali ya? 😀

Dan M52 udah punya anti-knocking sensor itu.. Dia mau diisi pertamax (plus) atau pun premium, pengapian bisa disesuaikan sama komputer…

Nah kalo matic, melimpah tuh stoknya di 320i E36 M52 😀

SARAN preferensi ane pribadi: ambil 320i, cari sebisa mungkin yg pemiliknya suka ngisi pertamax. Tapi ginian ini susah dibuktikan siy… Kecuali kita bisa sidak di tanki BBM-nya, jadi bisa tahu apa yg terisi di dalemnya apakah premium, ato pertamax 😀

Trus kalo ngambil barang, cek apakah tampilan luar dan dalem seimbang kondisinya…

Sektor Interior

Kadang kalo pedege, tampang luar dibikin klimis dan kinyis sama dia. Tapi karpet dalemannya klumuh/klumut kayak juarang kesedot vakum kemampuan tinggi. Trus joknya (kalo kulit) kinclooong plus licin banget karena silikon murahan.. Well, jok kulit yg bener itu malah bukan kuinclong plus licinnn gitu bro… Yg bagus kalo dia malah bersih biasa ndhak pake daki (=bolot-an, kayak kulit kita kalo ndhak mandi kan ada daki/bolot tuh :D) dan warnanya bersih biasa aja, ndhak pake kinclooong gitu dan ndhak licin sampe bikin lalat kepleset 😀

Trus pastikan kulit pelapis dashboardnya empuuuk. Jangan keras getas, juga ndhak kinclong dan licin karena silikon murahan. 😀 Sebenarnya trim ginian bisa aja di-retrim ulang. Cuma kalo kualitas bagus, denger-denger sampe 7-10 jeti lho bro… 😐 Yg kualitas biasa (kulit sintetis mungkin 4-6 jeti dapet). Boleh siy dapet yg trimnya sobek misalnya, asal harga juga berkurang buat nge-trim-kan ulang 😀

Trus pastikan juga, semua komponen interior (kisi-kisi AC, tuas-tuas, handle-handle, dll.) utuh dan berfungsi… Ente cerewet dan sadis aja ngecek-ngeceknya.. Kalo perlu total 3 jam ato lebih buat ngecek… Jangan takut bro, pembeli adalah raja koq 😀

Bagi ane, interior lebih penting ketimbang mesin. Kenapa? Soale nyari parts interior itu gampang-gampang susah… Apalagi barunya.. Kalo mau ori ato kualitas bagus, tentu mahal.. Sementara parts interior BMW itu built-qualitynya buagus, jadi kalo pemakaian wajar aja daya tahannya lama banget koq 😀

Hampir pada semua BMW yg interiornya normal, semua fungsi bakal bekerja dg baik. Kisi-kisi AC gk ada yg lower/sowak/lemes… Tuas-tuas/handle juga bekerja sempurna, dll. Ini bagusnya BMW/mobil Eropa… Sekali lagi, built quality-nya emang top 😀

Sektor Bodi-Eksterior

Trus untuk eksterior, kalo bisa ambil yg standar-ndar-ndar aja bro… Gk usah terpikat sama yg headlampnya diganti LED (murahan), apalagi yg mika seinnya diganti Cina murahan…. Asli, sedih ane lihat modif yg ginian ini… Tapi kalo alasan si penjual adalah memang aslinya rusak dan dia ganti itu, nah ketahuan niy kalo si penjual -maaf- gk punya duit amat 😀 Kenapa? Lha wong dia nyari ganti parts aja yg Cina murahan gitu 😀

Orang kalo sayang BMW, pasti sebisa mungkin nyari parts aslinya/orinya bro.. Setidaknya kalo parts aftermarket dia pakai, pasti dia nyari yg baguslah 😀 Dari sini kan kelihatan, BMW itu tipe disayang/terawat bener atau sekedar dipakai 😀 Tapi ini bukan faktor mengikat koq… Kondisi keseluruhanlah yg menetukan 😀

Jadi intinya, untuk parts interior-eksterior ini sebisa mungkin nyari yg utuh, waras, dan terawat…

Sektor Elektrikal

Ini yang terpenting dalam mencari BMW seken: elektrikalnya!

BMW tua tahun 90 (bahkan sebelum tahun itu) juga udah computerized. Hanya versi kecanggihan komputernya aja yg berkembang sesuai generasi, makin baru makin canggih, dan rumit penanganannya! 😀

Yang paling penting dalam BMW adalah ECU sehat. ECU rusak juga bisa diganti siy, sekitar 3 jutaan anggarannya. Nah, menengarai ECU sehat ndhak ini emang paling jitu adalah pake scanner. Tapi kalo terpaksa ndhak ada scanner, indikator paling sederhana adalah: cek apakah semua fungsi elektrikalnya normal!

Normalitas fungsi elektrikal, selain berkaitan dengan ECU, juga berkaitan dengan masing-masing fungsi, termasuk sensor-sensornya. Jadi, point utama yang harus diperhatikan untuk cek elektrikal adalah:

Semua indikator harus nyala. Jangan sampai ada yang kelewatan.
Cek semua fungsi elektrikal, mulai lampu, sein, wiper/washer, klakson, dll.
Kalo ente mau bawa AVO-Meter, bisa tuh cek arus pengisian aki juga 😀
Yang agak susah dicek adalah kalo sensor airbag di-jumper/bypass. Semua indikator harus mati kalo mesin udah running. Kalo ada yang masih nyala, berarti ada fault. Nah kadang fault gini bukannya diperbaiki kerusakannya, tapi cuma sensornya yang dijumper.

Sektor Mesin

Untuk mesin, asal jangan ada kondisi abnormal yg kebangeten aja siy bro… Misalnya udah berasap putih dan pedih di mata.. Nah, ini bakalan mesti siap duit 6-10 jeti niy buat turun mesin… Tapi kalo dg kondisi gitu barang dijual murah, ya GPP… itung-itung ente bisa dapat mesin kondisi baru nantinya, soale kan ente overhaul dulu pastinya 😀

Bagusan ente ketemuan sama penjual di pagi hari.. Sepagi mungkin kalo bisa.. Biar tahu knalpotnya masih ngembun ato ndhak.. Surabaya mungkin pagi juga udah anget hawanya, tapi percayalah bro.. Hawa anget juga daleman mesin masih bisa duuuingin koq 😀

Nah kalo di pagi hari mesin masih ngembun dan setelah dicek+test kondisi dan rasanya enak (kayak Si Biru ane niy… Eeehhhmmm… :D) udah sikat aja deh itu mobil 😀

Lagi juga, cek mesin kalo pas pagi enaknya bisa ketahuan apakah HVA-nya kena ato ndhak… Biasanya kalo mesin udah panas, HVA hampir kena/rusak pun dia bisa ilang bunyinya… Gk ada tek-tek-tek gitu… Kalo mesin panas trus masih tek-tek, GPP juga siy.. Buat nawar turun lagi 4jutaan, buat ngongkosin HVA 😀

Yg nggak enak itu kalo mesin panas HVA diem, sementara pas masih dingin berisiknya kedengar se-RT 😀 Ini yg gk enak. Kita nyangka mesin waras, belakangan keluar lagi 3-4 juta cuma buat HVA 😦 Tapi HVA ngetek-tek pas mesin dingin juga bisa karena oli udah tua dan telat siy bro… Lha kalo ini juga sama parahnya, BMW itu paling ndhak demen sama oli telat ganti dan sampe tua… Apalagi sampe item. Hiy….

Asyikan lagi kalo kita test emisi.. Ndhak tahu biaya berapa, kalo ndhak salah 150ribuan kali, tergantung bengkel mungkin… Kalo udah ada kandidat, jadikan test emisi ini sebagai verifikatornya.. Sebab dari angka emisi ini bakal kelihatan, itu mobil aslinya waras ato ndhak 😀

Trus saat cek, upayakan mobil di-stasionerkan agak lama. Minta ijin aja sama penjualnya, mesin dipanjer 15 menit-setengah jam boleh ndhak. Penjual yg fair pasti ngebolehkan koq.. Ini buat test temperaturenya, ngelunjak nggak kalo pas ‘macet’ demikian 😀

Sukur-sukur tesnya dipake jalan macet betulan..Di kawasan Brimob Sepanjang kalo siang kan kayak neraka tuh macetnya (kalo ke Porong kejauhan ntar.. :D) Niy bisa buat tes riil aslinya mobil kaya gimana. Trus abis itu tinggal masuk tol aja.. Geber barang sejauh dua pintu tol. Geber segeber-gebernya 😀

Kalo penjualnya bilang, “Mas ya ndhak mungkin lah mobil dipakai jalan 140 kayak gini…” Hmm.. patut dpertimbangkan untuk ditinggal aja bro.. Wong aslinya kemampuannya harusnya bisa lebih dari itu koq 😀

Point utama yang harus diperhatikan untuk cek mesin adalah:

Langsam mesin harus stabil, gak boleh naik-turun kayak orang kehabisan nafas gitu 😀 Kalo sesekali turun trus naik lagi, mungkin idle-valvenya yang patut disangka, biaya sekitar 1,5-2,5juta. Kalo RPM naik-turun, MAF yang patut dituduh, biaya sekitar 3 juta.

Mesin lumayan konstan kalo digas. Kalo bolot, takutnya fuel-pump sama FPR (Fuel-pressure regulator) udah mulai lemah.
Transmisi halus gk menghentak apalagi ngejedug kalo pas dia pindah gigi 😀

Sektor Kaki-Kaki

Trus ente mesti pinter merasakan kondisi mobil. Mesin dan kaki-kaki ndhak perlu harus sempurna… Asal harga sesuai aja 😀 Nah, di sini pinter-pinternya feeling kita bro… Ente nemu 320i interior waras tapi kaki-kaki glodhakan kayak gerobak, GPP siy… Itu semua bisa diperbaiki koq.. Dan asal kondisi gitu buat ente jadikan bahan nawar aja… Jadi sisa anggaran buat merehabilitasi kaki-kaki… Malah untung ente, dapet biem dg kaki-kaki waras jadinya ntar… Kunci kenyamanan dan keasyikan biem itu ada di kaki-kaki lho 😀

Kalo sektor mesin/kaki-kaki, asal ente punya duit buat langsung ganti, semua parts pengganti pasti tersedia/ready stock koq 😀 Ini bedanya sama interior. Taruh kata kita siap duitnya, barangnya yg belum tentu ada/ready 😀

Poin utama cek sektor kaki-kaki:

  • Yang penting setir gk goyang, nggak nusuk kalo kena jalan lobang-lobang/geronjalan.
  • Kaki nggak glodhakan kalo kena jalan ancur.
  • Setir nggak bolot kalo kembali ke posisi lurus lagi.

Tapi ingat, dibanding mobil Jepang, kemudi BMW cenderung lebih berat. Serasa gak pake power steering sepertinya. Ini wajar koq, emang bawaan orok generasi tahun itu ya gitu 😀

JADI kalo pas mbeli mobil, jangan tergoda nafsu intinya bro… Ngebet dan udah siap duit itu malah bisa jadi jebakan buat kita sendiri… Kadang kita gk teliti jadinya… Ini yg mesti ente sadari.. Jangan sampe ente kemudian mendapatkan barang yg gk sesuai penjelasan/keadaan….

Kalo barang gk normal, asal sesuai dijelaskan sama si penjual gk masalah bro…Yg masalah adalah barang yg ditutupi-disembunyikan kondisi sama penjual… Percaya gk percaya, banyak lho penjual yg model ginian, -maaf tanpa bermaksud nuduh- biasanya pedege-lah yg ahli dan lihai kalo urusan nutupi kondisi barang ginian 😀

Dan ente tentu susah mau komplain. Sebab, mobil seken, kalo bukan Mobil88 siapa siy yg mau ngasih garansi? Kecuali garansi ‘apa-adanya’ gitu, semisal “Ya ntar kalo tuas ininya macet ane betulin lah Mas :D”

Kayak gitu bro 😀

Dan terakhir tetap siapkan anggaran cadangan.. Namanya mobil bekas, tentu jangan berharap kayak mobil baru. Mungkin kita udah nawar sesuai kondisi, tapi takutnya ada yg kelewatan. Bukan penjualnya nipu, mungkin si penjual mempersepsikan lain atau kelewatan menjelaskan aja. Misalnya kondisi ‘yg kayak gini-gitu’ dia anggap wajar karena umur mobil yg dah belasan tahun, sementara ente mempersepsikannya beda 😀

Lha yg kayak gini ini yg ndhak bisa diperdebatkan 😀 Jadi kita harus mahfum. Dan anggaran cadangan itulah fungsinya.. Untuk ngembalikan kondisi mobil ke selera dan persepsi ente 😀

Trus lainnya itu, dana cadangan juga perlu buat ngeganti parts konsumable periode panjang (meski ndhak langsung seketika itu, bisa aja bulan-bulan di depan…) misalnya aki, filter-filter (udara, oli), kuras minyak rem atau oli matic, dll.

Malah tambah bingung ya? Iya kali kayaknya… Tapi yg penting, asal sasis ndhak bengkok sama suratnya resmi aja lah.. Biar pajak mati puluhan tahun pun masih bisa dihidupkan koq.. Asal harga sesuai kondisi ajalah intinya. Hahahaha!

CMIIW & IMHO
Freema H. Widiasena
Catatan ini pernah saya tulis pada tanggal 14 Januari 2012 pukul 12:46

————————
MEMILIH BMW – THE SERIES

Untuk ulasan, diskusi santai dan chit-chat silakan login ke sini http://m.facebook.com/groups/323699264381705

Memilih BMW Pt. I https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/04/11/memilih-bmw/

Memilih BMW Pt. II https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/05/01/bimmer-the-series-memilih-mobil-pertama-kita/

Memilih BMW Pt. III https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/06/08/bimmer-the-series-memilih-bmw-pt-iii/

Memilih BMW Pt. IV https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/06/23/bimmer-the-series-m5-murah-meriah-mewah-mangstabs-maknyusss/

Memilih BMW Pt. V https://freemindcoffee.wordpress.com/2011/06/27/bimmer-the-series-sebuah-bmw-tua/

Memilih BMW Pt. VI https://freemindcoffee.wordpress.com/2012/01/14/bimmer-the-series-bmw-e36-318i-vs-320i/

Memilih BMW Pt. VII https://freemindcoffee.wordpress.com/2013/04/24/bimmer-the-series-alhamdulillah-thanks-allah/

Advertisements